شخصية شمس النهار في مسرحية "شمس النهار" لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Lisa (2019) شخصية شمس النهار في مسرحية "شمس النهار" لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lisa Safitri_A01216031.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang "Analisis Kepribadian Tokoh Syamsu dalam Drama "Syamsu Nahar" karya Taufik al-Hakim, merupakan sastrawan besar dengan reputasi internasional yang lahir dan besar di Mesir, pada musim hujan tahun 1903 di Dahiyatur-Raml, Iskandaria, Mesir. Dan meninggal dunia pada tahun 1987 dengan mewariskan lebih dari 60 naskah drama arab modern , 2 kumpulan cerpen dan 20 novel yang bermutu tinggi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk kepribadian tokoh Syamsu pada drama Syamsu Nahar karya Taufik al-Hakim dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian pada drama Syamsu Nahar. Untuk menjawab permasalahan tersebut Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Deskriptif adalah memaparkan atau mendeskripsikan data – data yang dihasilkan secara cermat. Kualitatif adalah metode ini menginterpretasikan data – data yang sudah ditentukan, kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam menggambarkan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki, dengan menggambarkan atau melukiskan objek peneitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang nampak atau sebagaimana adanya untuk memperbaiki bobt yang lebih tinggi pada metode ini, maka fakta yang ada harus diberi arti. Hasil penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepribadian sosok Syamsu Nahar yang terdapat dalam drama Syamsun Al-Nahar karya Taufiq Al-hakim. Drama yang bertemakan perjuangan cinta seorang putri raja yang bernama “Syamsun Al-Nahar”. Tokoh utama drama ini adalah Syamsun Al-Nahar. Adapun tokoh pembantu adalah Qomar, Raja nu’man. Pangeran Hamdan, menteri raja nu’man, tentara raja nu’man, pelamar pertama, pelamar kedua, penasihat pangeran hamdan, bendahara, pengawal, pengawas pangeran hamdan. Alur drama ini adalah alur maju karena menceritakan dari awal sampai akhir kisahnya secara urut dan berakhir dengan kesedihan. Latar yang digunakan dalam drama ini adalah istana raja Nu’man, istana pangeran hamdan, bukit dan desa mati. Amanat dalam drama ini adalah percaya kepada Allah, menghormati orang tua, tidak mudah menyerah, kekayaan jabatan tidak menjamin kebahagiaan seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Lisasafitrilisa86@gmail.comA01216031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZaidun, Ahmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Lisa Safitri
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:12
Last Modified: 14 Feb 2020 08:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37947

Actions (login required)

View Item View Item