تحليل الأخطاء النحوية لدى طالبات الفصل الثالث بمعهد السلام بنجيلان طوبان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

HN, Siti Nurul Uyuni (2019) تحليل الأخطاء النحوية لدى طالبات الفصل الثالث بمعهد السلام بنجيلان طوبان. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nurul Uyuni HN_A01216050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Analisis kesalahan Nahwu pada santri putri Kelas Tiga Pondok Pesantren Assalam Putri Bangilan Tuban

Ilmu Nahwu adalah ilmu yang memahami tentang kaidah-kaidah Bahasa Arab bentuk kata dan keadaan-keadaannya ketika masih satu kata (Mufrod) atau ketika sudah tersusun menjadi sebuah kalimat (Murokkab). Di dalam Ilmu Nahwu terdapan pembahasan Shorof, karena Ilmu shorof adalah bagian dari Ilmu Nahwu, yang ditekankan pada pembahasan bentuk kata dan keadaannya ketika masih menjadi mufrod. Dari penelitian ini, peneliti ingin mencari kesalahan-kesalahan Nahwu yang terfokus pada Susunan Idhofah, Jer dan majrur serta Na’at man’ut pada karangan yang ditulis oleh satri putri pondok pesantren Assalam Bangilan Tuban. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan Nahwu pada tulisan karangan milik santri putri pondok pesantren Assalam Bangilan Tuban. 2. Untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya kesalahan Nahwu pada tulisan karangan milik santri putri pondok pesantren Assalam Bangilan Tuban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara menganalisis kesalahan Nahwu pada karangan berbahasa Arab yang ditulis oleh para santri putri Pondok Pesantren Assalam Putri Bangilan Tuban. Langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan adalah, pertama mengumpulkan lembar kerja santri yang telah diberi oleh peneliti, kemudian peneliti mengidentifikasi kesalahan lalu menganalisisnya, kemudian memberi simpulan.Dari analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, terdapat kesimpulan sebagai berikut : 1. Kesalahan Nahwu yang terjadi pada Santri putri dari Pondok Pesantren Assalam Putri Bangilan Tuban adalah berupa kesalahan Susunan Idhofah, Jer majrur dan Na’at man’ut.2. Kesalahan yang paling banyak dilakukan adalah kesalahan dalam susunan Idhofah. 3. Penyebabab kesalahan yang mereka lakukan adalah karena Penerapan yang kurang sempurna terhadap kaidah yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
HN, Siti Nurul Uyuninuruluyuni1998@gmail.comA01216050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDarda', AbuUNSPECIFIED2018125501
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan Nahwu
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Siti Nurul Uyuni HN
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:50
Last Modified: 12 Feb 2020 04:07
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37910

Actions (login required)

View Item View Item