Pengorganisasian masyarakat melalui gerakan memilah sampah sebagai upaya peningkatan kesehatan lingkungan di Desa Giri Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syakur, Fathus (2019) Pengorganisasian masyarakat melalui gerakan memilah sampah sebagai upaya peningkatan kesehatan lingkungan di Desa Giri Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathus Syakur_B92215069.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Dalam penelitian ini membahas tentang kesehatan lingkungan dengan permasalahan mengenai pencemaran lingkungan akibat timbulan sampah. Berdasarkan alur sejarah yang ditemukan dilapangan, permasalahan ini muncul dikarenakan oleh 3 (tiga) hal. Pertama, kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah. Kedua, belum adanya kelompok pengelola sampah. Ketiga, belum optimalnya sarana dan prasarana pengelolaan sampah. ketiga hal tersebut menjadi kajian yang tertuang dalam rumusan masalah yaitu, Bagaimana kondisi kesehatan lingkungan di Desa Giri? dan Bagaimana proses pengorganisasian masyarakat melalui gerakan memilah sampah sebagai upaya peningkatan kesehatan lingkungan di Desa Giri? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PAR (Participatory Action Research). Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik PRA (Participatory Rular Aprasial). Metode dan teknik tersebut digunakan dalam proses-proses pengorganisasian yang mengharuskan keterlibatan aktif dari masyarakat sebagai subyek penelitian. Tujuannya agar memunculkan agen of change di suatu kelompok masyarakat yang menjadi pelopor perubahan ke arah yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Pertama, kondisi kesehatan lingkungan di Desa Giri terbilang kurang sehat dengan indikator fisik yang ditemukan yakni 3 (tiga) tumpukan sampah dengan jumlah sampah yang banyak, indikator pemahaman masyarakat yang ditemukan bahwa masih kurang paham akan dampak yang ditimbulkan dari timbulan sampah. Kedua, dari proses pengorganisasian yang dilakukan menghasilkan: (1) meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah melalui aksi pendidikan pengelolaan sampah, (2) terbentuknya kelompok pengelola sampah berupa bank sampah yang menjadi pelopor gerakan memilah sampah, (3) optimalnya pemanfaatan fasilitas penunjang dari Pemerintah Desa Giri berupa kendaraan pengangkut sampah. Hasil riset aksi tersebut hanyalah langkah kecil untuk membuat perubahan yang lebih baik. Semua proses dalam penelitian ini dirasa masih jauh dari kata kesempurnaan dalam mengungkap teori, metode, dan teknik yang digunakan. Oleh karena itu peneliti sangat membutuhkan kritik dan sara yang membangun dari para pembaca skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syakur, Fathusfathus.syakur@gmail.comB92215069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAdnan, Abd. MudjibUNSPECIFIED195902071989031001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Lingkungan Hidup
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Pemilahan Sampah; Kesehatan Lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syakur Fathus
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:12
Last Modified: 06 Jan 2020 09:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37892

Actions (login required)

View Item View Item