Pengaruh pelayanan, strategi pemasaran dan keputusan pembelian terhadap loyalitas jamaah haji umroh pada PT. Sahid Gema Wisata Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustofa, Achmad Ali (2019) Pengaruh pelayanan, strategi pemasaran dan keputusan pembelian terhadap loyalitas jamaah haji umroh pada PT. Sahid Gema Wisata Cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Ali Mustofa_B94216039.pdf

Download (1MB)

Abstract

PT. Sahid Gema Wisata memberikan beberapa paket program yang mempunyai fungsi memberikan kenyamanan jamaah memilih pelayanannya. Service atau pelayanan yang diberikan oleh PT. Sahid Gema Wisata adalah pelayanan memberikan porter atau muthawif yang paham tentang ibadah haji dan umroh. Muthawif tersebut bermukim di daerah Arab Saudi. Para muthawif PT. Sahid Gema Wisata merupakan berstatus mahasiswa. PT. Sahid Gema Wisata merekrut para muthawifnya dari perguruan tinggi seperti di Al – Azhar Mekkah dan kampus lainnya. Mahasiswa tersebut adalah mahasiswa Indonesia yang berkerja paruh waktu menjadi porter atau muthawif. Mahasiswa dari kampus tersebut memiliki komunitas, apabilah salah satu tidak bisa bekerja bisa digantikan dengan muthawif lain. Kemampuan tersebut ditunjukkan oleh sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang dimiliki. PT. Sahid Gema Wisata telah memberikan pelayanan mulai dari sumber daya manusia yang mumpuni di bidangnya dan memberikan pelayaan kepuasan terhadap jamaah yang telah mendaftar. Pelayanan unik dan berbeda dengan biro travel haji dan umroh yang lain yaitu menginap di hotel sahid H-1. Pelayanan tersebut juga bertujan untuk mengurangi hambatan waktu jamaah Haji khusus dan umroh di Sahid tour and travel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan, strategi pemasaran, dan keputusan pembelian terhadap Loyalitas Jamaah Haji Umroh di PT Sahid Gema Wisata Cabang Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis hipotesis asosiatif cara yang digunakan peneliti dalam menjawab tujuan tersebut adalah dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan jenis hipotesis asosiatif. penelitian ini berlokasi di PT Sahid Gema Wisata di Cabang Surabaya dengan jumlah 65 responden. Hasil penelitian ini telah membuktikan empat hipotesis. Hipotesis pertama menunjukkan bahwa pelayanan (X1) terhadap Loyalitas Jamaah Haji Umroh (Y) nilai hubungan sebesar 0,535 dan berpengaruh signifikan dengan p value <0,05 sebesar 0,000. Hipotesis ke dua menunjukkan bahwa strategi pemasaran (X2) terhadap Loyalitas Jamaah Haji Umroh (Y) nilai hubungan sebesar 0.539 dan berpengaruh signifikan dengan p value <0,05 sebesar 0,000. Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa keputusan pembelian (X3) terhadap terhadap Loyalitas Jamaah Haji Umroh (Y) nilai hubungan sebesar 0.369 dan berpengaruh signifikan dengan p value <0,05 sebesar 0,001. Hipotesis keempat menunjukkkan bahwa pelayanan (X1), strategi pemasaran (X2), keputusan pembelian (X3) terhadap Loyalitas Jamaah Haji Umroh (Y) berpengaruh signifikan dengan p value<0.05 sebesar 0.000. Model regresi yang digunakan sebagai prediksi Loyalitas Jamaah Haji Umroh dengan pelayanan, strategi pemasaran, keputusan pembelian pada masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan nilai SEE lebih kecil daripada nilai simpangan baku. Nilai SEE sebesar 2.57709 dan nilai simpangan baku sebesar 3.21856.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustofa, Achmad AliAchmadalimustofa@gmail.comB94216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMaesaroh, Imas-196605141992032001
Subjects: Haji
Manajemen
Manajemen Dakwah
Bisnis
Uncontrolled Keywords: Pelayanan; Strategi Pemasaran; Keputusan Pembelian dan Loyalitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Achmad Ali Mustofa
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:16
Last Modified: 06 Jan 2020 05:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37888

Actions (login required)

View Item View Item