الإضافة ومعانيها في كتاب المبادئ الفقهية (الجزء الأوّل) لعمر عبد الجبْار

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Alfi Nur (2019) الإضافة ومعانيها في كتاب المبادئ الفقهية (الجزء الأوّل) لعمر عبد الجبْار. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfi Nur Laili_A91216108.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kitab Mabadiul Fiqih merupakan salah satu kitab karangan Umar Abdul Jabbar yang ditulis untuk membahas tentang pembahasan fiqih seperti rukun islam, rukun sholat, waktu sholat, dan sebagainya. Peneliti memilih kitab tersebut sebagai objek penelitihan dan lebih tertarik untuk meneliti Ilmu nahwu yang belum pernah diteliti sebelumnya yakni Idhofah dan maknanya dalam kitab mabadiul fiqih. Kitab tersebut memiliki susunan bahasa arab yang sangat sederhana, ternyata terdapat banyak susunan Idofah dan makna-maknanya. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif, pada penelitihan tidak bisa diperoleh atau diukur menggunakan prosedur-prosedur statistik, dan jenis penelitihan ini menggunakan penelitian dalam kajian Ilmu Nahwu. Dari Penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa peneliti menemukan macam-macam idhofah dan maknanya dalam kitab mabadiul fiqih terdapat 74 idhofah maknawiyah. Idhofah maknawiyah ta’rif yang terdpat 69 data dan takhsis 5 data. Sedangkan idhofah lafdhiah tidak ditemukan data pada penelitian ini. Kemudian dari segi makna-makna idhofah peneliti hanya menemukan 3 makna idhofah. Yaitu idhofah lamiyah 23, bayaniyah 7, dhorfiyah 43, akan tetapi untuk makna tasybih peneliti tidak menemukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Alfi NurAlfinur903@gmail.comA91216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, HimmatulUNSPECIFIED120210700222216791
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Idhofah; Kitab Mabadiul Fiqhiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Alfi Nur Laili
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:20
Last Modified: 02 Jan 2020 02:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/37868

Actions (login required)

View Item View Item