PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 21 KAPAS BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusron, Muhammad (2015) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH 21 KAPAS BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Dengan menggunakan Metode Mind mapping Pada Kelas V MI Muhammadiyah 21 Kapas Kabupaten Bojonegoro ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana penerapan metode Mind Mapping dalam pembelajaran matematika materi bangun datar segitiga pada pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 21 Kapas. Apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa. Untuk memperoleh hasil tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif model PTK yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc Taggart. Sebagai populasi adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah 21 Kapas Bojonegoro yang berjumlah 20 siswa. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Adapun data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan persentase peningkatan pemahaman siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan apakah ada peningkatan aktivitas belajar siswa dan guru dengan menggunakan metode mind mapping pada materi bangun datar segitiga. (2) Untuk mengetahui tingkat pemahaman dari dari siswa terhadap penggunaan metode mind mapping pada materi konsep bangun datar segitiga.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil tes pemahaman. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I mencapai 72% meningkat pada siklus II menjadi 87%. Untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai 74% meningkat menjadi 88%. Hal ini dapat dapat disimpulkan, bahwa pelaksanaan PTK telah melampaui indikator kinerja yang ditentukan yaitu 80%. Adapun hasil tes pemahaman pada siklus I mencapai 45% meningkat menjadi 80%. Dari hasil tes pemahaman dapat dapat disimpulkan, bahwa hasil tes pemahaman pada siklus II telah melewati indikator kinerja yang ditentukan yaitu 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusron, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping; Bangun Datar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 08:06
Last Modified: 21 Jan 2016 08:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3785

Actions (login required)

View Item View Item