MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL HUDA BLIMBINGSARI MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosidah, Lailatur (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL HUDA BLIMBINGSARI MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berdasarkan pada masalah yang dialami oleh peneliti, dimana pemahaman siswa kelas IV MI Roudlotul Huda pada mata pelajaran matematika materi pecahan masih rendah, sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa tersebut. Dengan penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) diharapkan siswa mendapatkan pemahaman yang lebih konkrit tentang konsep materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas pemecahan masalah pada materi pecahan pada siswa kelas IV MI Roudlotul Huda Blimbingsari Sooko Mojokerto setelah diterapkannya pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL).
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). yang terdiri dari empat komponen untuk setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi pada siklus tersebut akan digunakan sebagai bahan rujukan untuk pelaksanaan siklus berikutnya, sehingga proses dan hasil pelaksanaan siklus berikutnya akan lebih baik. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Roudlotul Huda yang berjumlah 23 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pembelajaran yang dilakukan memberikan dampak terhadap meningkatnya kreativitas pemecahan masalah. Data hasil lembar observasi kreativitas pemecahan masalah pada siklus I menunjukkan bahwa persentase jumlah siswa yang mempuyai kreativitas pemecahan masalah kategori minimal baik sebesar 47,82%. Sedangkan data hasil lembar observasi kreativitas pemecahan masalah pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu 78,26% artinya meningkat 30,44% disbanding siklus I.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Agus Prasetyo Kurniawan
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosidah, LailaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning; Pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 07:59
Last Modified: 21 Jan 2016 07:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item