PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 4 TUBAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ambarwati, Siti Sri (2015) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEKNIK PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 4 TUBAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki siswa dan pendidik dalam kegiatan belajar mengajar. Peningkatan kemampuan komunikasi matematika harus diperhatikan dalam pembelajaran. Salah satu alternatif yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran matematika agar siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran sehingga kemampuan komunikasi matematikanya berkembang yaitu dengan menggunakan teknik Probing Prompting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan teknik probing prompting.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau biasa disebut Quasi Eksperimen karena pada penelitian ini, peneliti hanya menggunakan kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 4 Tuban. Pengumpulan data yaitu dengan lembar tes kemampuan komunikasi matematika sebanyak 3 soal uraian. Data dianalisis dengan menggunakan uji analisis data wilcoxon.
Dari hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa : 1) kemampuan komunikasi matematika siswa sebelum dikenakan perlakuan adalah termasuk dalam kategori rendah. 2) kemampuan komunikasi matematika siswa sesudah dikenakan perlakuan adalah termasuk dalam kategori cukup. 3) terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika setelah dilakukan pembelajaran dengan teknik probing prompting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Lisanul Uswah Sadieda
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ambarwati, Siti SriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Probing Prompting; Komunikasi; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 07:37
Last Modified: 21 Jan 2016 07:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3778

Actions (login required)

View Item View Item