MAKNA TRADISI BUWUH DALAM ACARA PERNIKAHAN DI DESA TURIREJO KECAMATAN KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Raza, Diah Angga (2014) MAKNA TRADISI BUWUH DALAM ACARA PERNIKAHAN DI DESA TURIREJO KECAMATAN KEDAMEAN KABUPATEN GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang sumbang-menyumbang atau tradisi buwuh. Dimana, tradisi buwuh dilaksanakan dalam acara pernikahan. Peran tradisi buwuh menjadi sangat kental untuk dilakukan. Ketika segala macam kesulitan dalam
mengadakan pesta di alami oleh sebagian orang, tradisi buwuh menjadi jaminan sosial yang dapat diharapkan. Namun bukan hanya sebagai asuransi sosial ternyata dalam tradisi buwuh terdapat berbagai simbol yang digunakan untuk mengungkapkan dasar dari pola buwuh dalam tradisi ini.
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui proses buwuh dan untuk mengetahui individu dalam memaknai tradisi buwuh ini. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang budaya sumbang-menyumbang (buwuh) yang terjadi dalam masyarakat dan berbagai makna yang terpotret dari penelitian yang dilakukan. Serta dapat menjadi sumbangan yang bermanfaat pengetahuan terutama tentang kajian simbol dan pemaknaan.
Penelitian ini menggunakan teori interaksionisme simbolik. Teori ini menggunakan interaksi yang bermakna sebagai pengungkapan atas segala bentuk interaksi setiap individu. Interaksionisme simbolik menekankan perhatiannya dalam menunjukkan bagaimana kompleksnya makna yang terbangun dari
pengalaman langsung individu. Pandangan teori tersebut digunakan dalam mengungkapkan segala bentuk interaksi dalam proses sumbang-menyumbang dalam tradisi buwuh ini. Sejalan dengan teori yang digunakan, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Pengumpulan data dengan wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian mengungkapkan berbagai hal dibalik tradisi buwuh dalam upacara pernikahan ini. pertama, berbaga imekanisme dapat terungkap mulai dari proses pra upacara pernikahan seperti rewang atau landing sampai dengan pelaksanaannya. Berbagai hal yang menyertai dalam proses upacara pernikahan yaitu keberadaan kartu undangan yang tidak dapat dilepaskan hingga keberadaan bulan tertentu dalam kalender jawa yang ikut menentukan dalam pelaksanaan upacara pernikahan.
Kedua, berbagai makna terungkap dari proses sumbang-menyumbang ini diantaranya adalah symbol sosial dan simbol ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Siti Azizah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Raza, Diah AnggaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kebudayaan
Sosiologi
Keywords: Buwuh; Upacara Pernikahan, Simbol
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 01:08
Last Modified: 09 Feb 2015 01:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/377

Actions (login required)

View Item View Item