KOMODIFIKASI DETEKSI CONVENTION; MADING 2D & 3D CHAMPIONSHIP 2K14

Sari, Siti Permata (2015) KOMODIFIKASI DETEKSI CONVENTION; MADING 2D & 3D CHAMPIONSHIP 2K14. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat persoalan yang dikaji, yaitu Bagaimana proses komodifikasi majalah dinding, Bagaimana bentuk komodifikasi majalah dinding, serta Bagaimana implikasi sosial dari komodifikasi majalah dinding yang dilakukan panitia DetEksi Convention. Dengan tujuan untuk menjelaskan bagaimana proses, bentuk serta implikasi sosial komodifikasi majalah dinding yang dilakuakan panitia DetCon.
Untuk mengungkap permasalahan tersebut secara mendalam, peneliti menggunakan pendekatan teori konstruksi sosial media massa, suatu teori yang membahas tiga momen dialektis dalam penciptaan suatu realitas sosial masyarakat, yaitu obyektifikasi, eksternalisasi dan internalisasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa panitia DetCon berhasil menciptakan sebuah kompetisi majalah dinding 2D & 3D yang inovatif dan spektakuler. Ini dibuktikan dari tanggapan implikasi sosial pelajar Surabaya.
Sementara Jawa Pos mendapat keuntungan berupa, pendapatan secara keseluruhan. Pertama, dari keuntungan materil langsung berupa sponsor dan uang tiket masuk (HTM). Kedua, dari peningkatan jumlah oplah koran Jawa Pos. dan Ketiga, Jawa Pos sedang melakukan periklanan pada anak muda, yang diharapkan akan menjadikan mereka sebagai pelanggan koran Jawa Pos dikemudian hari. Hal ini dapat dikatakan sebagai komodifikasi khalayak dalam teori ekonomi politik media. Selain itu, DetCon berhasil menjadi sebuah acara budaya baru bagi anak muda Surabaya, dan dijadikan wadah kompetisi anak muda terbesar di Surabaya.
Dari penelitian ini ada beberapa saran yang diungkapkan peneliti sebagai bahan pertimbangan pemilik modal media massa dan pelajar, yaitu : membuat acara atau event yang benar-benar bermanfaat, mendidik dan mengembangkan kreatifitas bagi generasi penerus bangsa, dan bukan hanya sekedar menguntungkan pihak media massa dan yang penting ‘laris di pasaran’, sehingga menghalalkan segala cara untuk mengundang kontroversi dan keuntungan materil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Advan Navis Zubaidi
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi, Majalah Dinding, Deteksi Convention, Mading 2d & 3d Championship, Jawa Pos, Konstruksi Sosial Media Massa, Cyber Culture, Ekonomi Media
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Ekonomi
Media Massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mr. Suprapto Suprapto
Date Deposited: 20 Jan 2016 23:13
Last Modified: 20 Jan 2016 23:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item