MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PQ4R

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Achmad (2015) MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE PQ4R. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dijumpai oleh peneliti, yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas III MINU Tambak Sumur. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan metode PQ4R pada pembelajaran matematika materi aritmatika sosial? (2) Adakah peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas III Tambak Sumur setelah diterapkannya pembelajaran matematika dengan metode PQ4R?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Pelaksanaan penelitian dibagi dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor akhir observasi kemampuan guru dalam melaksanakan RPP pada siklus I adalah sebesar 3,33, artinya masuk dalam kategori sangat baik. Skor akhir observasi kemampuan guru dalam melaksanakan RPP pada siklus II adalah sebesar 3,85, artinya masuk dalam kategori sangat baik. Kemampuan guru melaksanakan RPP dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,52, (2) Hasil tes belajar yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah sebesar 34%. Sedangkan pada siklus II sebesar 71%. Persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 37%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Saepul Hamdani
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Aritmatika; Pq4r
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2016 01:05
Last Modified: 21 Jan 2016 01:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item