STUDI PEMIKIRAN MUSDAH MULIA TENTANG PEREMPUAN MENJADI PEMIMPIN POLITIK : KAJIAN HISTORIS

Jennah, Sofatul (2014) STUDI PEMIKIRAN MUSDAH MULIA TENTANG PEREMPUAN MENJADI PEMIMPIN POLITIK : KAJIAN HISTORIS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Adapun permasalahan yang menjadi titik berat pada objek kajian ini ialah siapa sosok Musdah Mulia, pada bagian ini akan ditelusuri latar belakang tokoh tersebut, baik dari segi nasab maupun latar belakang pendidikannya, serta karyakarya yang telah ia selesaikan, dan konstruk sosial yang melatar belakangi pemikirannya. Kemudian, pokok masalah selanjutnya yaitu dijelaskan perubahan pemikirannya dari tahun 1971-1985 dan tahun 1990-1997, peneliti memfokuskan pada tahun tersebut karena pada tahun itu Musdah Mulia sangat menunjukkan cara berfikir kritisnya. Masalah yang terakhir yaitu bagaimana perempuan menjadi
pemimpin politik dalam perspektif Musdah Mulia.
Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, sehingga dalam mendiskripsikannya akan dijelaskan sesuai dengan aturan dan cara yang sesuai dengan ketentuan pendekatan tersebut. Kemudian untuk melengkapi penyusunan karya ilmiah ini, penulis menambahkan metode sebagai prosedur standar laporan hasil karya ilmiah, yaitu heuristik, verifikasi, kritik dan yang terakhir historiografi.
Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan sebuah analisis yang pertama, bahwa Musdah Mulia adalah perempuan yang hidup dari keluarga ulama yang notabenenya sangat kental dengan aturan teologi. Kedua, pada tahun 1971-1985 dan
tahun 1990-1997 terlihat perkembangan pemikirannya. pada tahun tersebut Musdah Mulia menyusun intelektualnya semenjak ia menjadi siswa hingga mahasiswa.
Ketiga, Musdah Mulia memiliki pemikiran feminis yang membela kaum perempuan. Bahwa perempuan adalah manusia yang harus dimanusiakan perempuan juga bisa berkiprah di ranah publik (Pemimpin Politik) tidak hanya ranah domestik.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Muzaiyanah
Uncontrolled Keywords: Musdah Mulia; Perempuan Menjadi Pemimpin Politik
Subjects: Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Feb 2015 04:31
Last Modified: 07 Feb 2015 04:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item View Item