IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 5 PENGALAMANKU KELAS 1 DI MI DARUL ULUM MOJOSARIREJO DRIYOREJO GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kasanah, Siti Nur (2015) IMPLEMENTASI STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA 5 PENGALAMANKU KELAS 1 DI MI DARUL ULUM MOJOSARIREJO DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Guru bertanggung jawab atas segala hal untuk menciptakan situasi dan kondisi kelas yang kondusif agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai tujuan yang diharapkan. Kurikulum 2013 diharapkan lebih efektif dan efisien, karena pembelajarannya berbasis aktivitas yang dilakukan peserta didik dalam proses pembelajaran trandisipliner melalui tema-tema tanpa ada materi yang tumpangtindih.
Berdasarkan penelitian bahwa realitanya guru kelas 1 di MI Darul Ulum sering kali menggunakan metode ceramah dalam mengajar. Dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran yang sedang berlangsung di kelas, maka dapat diinternalisasikan permasalahan yang muncul di kelas tersebut adalah sebagai berikut: Pertama, siswa cenderung hanya menerima ilmu pengetahuan dari guru, siswa tidak aktif di kelas. Kedua, ilmu pengetahuan yang diserap tidak maksimal sehingga mengakibatkan hasil belajar yang kurang memuaskan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi strategi cooperative learning tipe teams games tournaments dapat meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Dan yang terpenting adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan strategi cooperative learning tipe teams games tournaments pada siswa dalam pembelajaran tema 5 pengalamanku di kelas 1 MI Darul Ulum mojosarirejo Dritorejo Gresik.
Cooperative Learning adalah pembelajaran secara berkelompok. Pembelajaran yang mengajarkan kepada siswa agar punya ketrampilan untuk bisa bekerjasama dan berkolaborasi. Teams Games Tournaments adalah sebuah permainan kuis yang menggunakan turnamen akademik dan sistem skor kemajuan individu, dimana para siswa berlomba sebagai wakil tim mereka dengan tim anggota lain. Strategi ini di anggap sesuai dan mampu untuk mengatasi problematika di atas.
Implementasi strategi cooperative learning tipe teams games tournamenrs dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema 5 pengalamanku kelas 1 di Mi Darul Ulum Mojosarirejo Driyorejo Gresik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Yusam Thobroni
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kasanah, Siti NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Strategi Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments; Hasil belajar siswa.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 05:37
Last Modified: 20 Jan 2016 05:37
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3686

Actions (login required)

View Item View Item