PENGEMBANGAN MEDIA FLIP BOOK YANG DAPAT MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP PANCASILA KRIAN - SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cholil, Ahmad (2015) PENGEMBANGAN MEDIA FLIP BOOK YANG DAPAT MELATIH BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP PANCASILA KRIAN - SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Flip book merupakan salah satu jenis animasi yang menampilkan lembar-lembar sebuah halaman buku yang bergerak seperti layaknya membuka sebuah buku . Penelitian ini mengembangkan media Flip Book dalam melatih berpikir kritis siswa pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII-A SMP Pancasila Krian – Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan hasil pengembangan media Flip Bookdalam melatih berpikir kritis siswa pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII-A SMP Pancasila Krian – Sidoarjo; 2) Untuk mengetahui kepraktisan hasil pengembangan media Flip Book dalam melatih berpikir kritis siswa pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII-A SMP Pancasila Krian – Sidoarjo; 3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan Flip Book yang melatihkan berpikir kritis siswa pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII-A SMP Pancasila Krian – Sidoarjo; 4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap program pembelajarang dengan Flip Book dalam melatih berpikir kritis siswa pada materi Prisma dan Limas di kelas VIII-A SMP Pancasila Krian – Sidoarjo.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran dalam bentuk flip book yang melatihkan berpikir kritis siswa kelas VIII-A pada materi luas & volume prisma dan limas. Pengembangan media pada penelitian ini mengacu pada metode pengembangan R&D yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Hanya saja karena keterbatasan waktu maka digunakan 6 tahap pertama yaitu 1) Tahap Potensi dan Masalah. 2) Tahap Pengumpulan Data. 3) Tahap Desain Produk. 4) Tahap Validasi Desain. 5) Tahap Perbaikan Desain. 6) Tahap Ujicoba Produk. Dalam penelitian pengembangan ini yang menjadi subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-A SMP Pancasila Krian –Sidoarjo tahun ajaran 2014-2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flip book yang dikembangkan ini masuk dalam kategori valid dengan skor kevalidan sebesar 3,31. Kriteria kepraktisan terpenuhi karena tiga validator menyatakan bahwa media flip book yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-A SMP Pancasila Krian-Sidoarjo setelah pembelajaran dengan media flip book adalah 25% siswa termasuk dalam level kritis, 70% cukup kritis dan yang tergolong tidak kritis hanya 5%. Hal ini berarti prosentase level tidak kritis <50%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhan setelah pembelajaran dengan media flip book yang melatihkan kemampuan berpikir kritis tergolong positif. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan media flip book adalah positif, karena 75% siswa menunjukan respon positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ahmad Lubab
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cholil, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Flip Book; Prisma; Limas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 05:33
Last Modified: 20 Jan 2016 05:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3685

Actions (login required)

View Item View Item