PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV MI AL-MUBAROK WANGKAL KREMBUNG SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurkanipah, Siti (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV MI AL-MUBAROK WANGKAL KREMBUNG SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis narasi cerita pada siswa kelasI V MI Al-Mubarak Wangkal Krembung Sidoarjo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan menulis narasi pada siswa adalah kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru. Disamping itu, guru hendaknya memberi kesempatan penuh kepada peserta didik untuk lebih aktif dalam pembelajaran untuk megekplorasi kemampuan masing-masing. Sehingga pembelajaran akan lebih menyenangkan dan siswa akan termotivasi dalam belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran gambar berseri dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis narasi cerita khususnya dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan kefektifan pembelajaran, sehingga keterampilan menulis narasi cerita siswa dapat ditingkatkan. Hal ini terlihat dari nilai hasil belajar siswa sebelum dilakukan siklus I, menunjukan bahwa hanya ada 40% dari total siswa yang sebanyak 19 anak telah tuntas mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan, yaitu sebesar 70. Pada siklus I jumlah siswa yang telah tuntas meningkat menjadi 11 anak, atau dengan kata lain ketuntasan klasikal peserta didik sebesar 64,70%, dari data tersebut terlihat peningkatan pada nilai hasil belajar siswa sebanyak 24,70%. Akan tetapi peningkatan tersebut masih belum mencapai kriteria ketuntasan klasikal yang telah ditentukan, yaitu sebesar 80%. Sehingga penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebanyak 16 anak, dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,11 %, dengan kata lain hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan sebesar 29,41%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penggunaan media pembelajaran gambar berseri dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa khususnya dalam pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan menulis narasi cerita

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Mukhlishah
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurkanipah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menulis narasi cerita; Media pembelajaran gambar berseri.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 05:31
Last Modified: 20 Jan 2016 05:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3684

Actions (login required)

View Item View Item