Tradisi Dzikir dalam Ritual Keagamaan Majelis Dzikir wa Ta'lim As-habul Yamin Semolowaru Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wakhid, Moh. Rizalul (2019) Tradisi Dzikir dalam Ritual Keagamaan Majelis Dzikir wa Ta'lim As-habul Yamin Semolowaru Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Moh. Rizalul wakhid_ E92215041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berjudul ”Tradisi Dzikir dalam Ritual Keagamaan Majelis Dzikir wa Ta’lim As-Habul Yamiin Semolowaru Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tiga persoalan yaitu : pertama, bagaimana sistematika Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin. Kedua, apa yang menjadi motivasi para jamaah Majelis Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin. Dan ketiga, bagaimana pandangan masyarakat terhadap Majelis Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menggambarkan atau melukiskan suatu kenyataan sosial yang ada didalam kehidupan masyarakat. penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Metode ini adalah langkah awal bagi peneliti untuk melihat mengamati dan menyelidiki fakta-fakta yang terjadi, setelah itu peneliti melakukan wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari orang-orang yang dijadikan informan, yaitu para jamaah Majelis Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin, para tokoh masyarakat dan warga masyarakat sekitar lokasi penelitian. Yaitu dikediaman KH. Bahar Wirawan yang terletak di Kelurahan Semolowaru Kecamatan Suukolilo Surabaya. Selain itu kegiatan sosial maupun keagamaan yang berupa peringatan hari besar Islam dana keadaan atau situasi yang terjadi dimasyarakat. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: pertama, bagaimana sistematika Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin dalam sistematika Majelis Dzikir dapat diketahui dalam beberapa kegiatan keagamaan seperti khataman dan manaqiban. Kedua, yang menjadikan motivasi para jamaah Majelis Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin adalah agar terkabulkan semua hajatnya selain itu juga untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ketiga adalah pandangan masyarakat tentang Dzikir baik dalam segi positive maupun negative.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wakhid, Moh. Rizalulrizalulwakhid73@gamil.comE92215041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorFeryani Umi Rosidah, Feryani UmiUNSPECIFIED196902081996032003
Thesis advisorArifin, ZainulUNSPECIFIED195602021990031001
Subjects: Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Tradisi; Ritual Keagamaan; Majelis Dzikir wa Ta’lim As-habul Yamin.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: moh. Rizalul Wakhid
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:36
Last Modified: 03 Jan 2020 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36784

Actions (login required)

View Item View Item