Khitan wanita perspektif hadis: tinjauan hadis Nabi terhadap praktik khitan wanita di Rumah Herbal Perum Villa Jasmine 2 Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurita, Andris (2019) Khitan wanita perspektif hadis: tinjauan hadis Nabi terhadap praktik khitan wanita di Rumah Herbal Perum Villa Jasmine 2 Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andris Nurita_E95216052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi saat ini terkait wanita yaitu para wanita justru mengalami gangguan kesehatan reproduksi setelah melakukan khitan. Pasalnya, masyarakat belum memahami betul terkait prosedur khitan wanita yang baik dan benar dan tidak benar-benar memperhatikan bahwa tidak sembarang orang diperbolehkan melakukan khitan. Berbagai pertentangan pendapatpun saampai saat ini masih bergejolak terkait prosedur khitan wanita yang sebenarnya. Oleh karena itu, kajian ini mencoba mengenalkan prosedur-prosedur yang baik sesuai dengan petunjuk hadis Nabi dan petunjuk medis untuk meminimalisir resiko yang terjadi pasca melakukan khitan. Dalam penelitian ini mengkaji kualitas hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud nomor 5271 tentang khitan wanita, menjelaskan kiprah khitan wanita di Rumah Herbal Perum Villa Jasmine 2 Kabupaten Sidoarjo dan tinjauan hadis Nabi terkait khitan wanita di Rumah Herbal Perum Villa Jasmine 2 Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dalam kajian ini yaitu untuk mengetahui kualits hadis yang diriwayatkan oleh Abu Dawud terkait khitan wanita, kiprah khitan wanita di Rumah Herbal dan tinjauan hadis Nabi tentang khitan wanita di Rumah Herbal Perum Villa Jasmine 2 Kabupaten Sidoarjo. Adapun manfaat khitan wanita apabila dilakukan sesuai prosedur yang baik dan benar yaitu untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit kewanitaan. Dalam menjawab kajian ini, menggunakan beberapa metodologi penelitian. Adapun model penelitian dalam kajian ini menggunakan model kualitatif untuk mengungkapkan fakta data dalam bentuk narasi verbal sesuai yang ditemukan di lapangan dan dibantu dengan kepustakaan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dan dalam analisisnyapun menggunakan metode analisis deskriptif untuk menggambarkan dan menganalisis fakta data yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kajian ini dilakukan karena pada saat ini masih banyak yang belum mengetahui prosedur khitan yang baik dan benar sehingga setelah dilakukan tindakan khitan justru berdampak buruk bagi pasien. Oleh karena itu, karya tulis ini membantu masyarakat untuk memecahkan masalah tersebut. Kesimpulan dari kajian ini yaitu kualitas hadis riwayat Abu Dawud dhaif dari sisi sanad, kedhaifan tersebut terletak pada Muhammad ibn Hasan yang dinilai Majhul. Prosedur khitan wanita di Rumah Herbal sejalan atau sesuai dengan hadis Nabi dan medis yaitu memotong sebagian kecil dari selaput yang menutupi klitoris. Tidak semua wanita dianjurkan berkhitan, akan tetapi perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan alat kelaminnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurita, AndrisZulfimaulida64@yahoo.comE95216052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMuhid, MuhidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUmar, Atho'illahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam > Khitan
Nabi dan Rasul
Hadis
Wanita
Uncontrolled Keywords: Khitan Wanita; Hadis Nabi; Kajian Living Hadis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Andris Nurita
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:00
Last Modified: 02 Jan 2020 04:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36777

Actions (login required)

View Item View Item