التشبيه وأغراضه في رواية أرنى الله لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al-imamah, Ilchafatut Tazkiyah (2019) التشبيه وأغراضه في رواية أرنى الله لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
IlchafatutTazkiyah Al-imamah_A01216022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut bahasa at-tasybih berarti at tamtsil artinya penyerupaan atau perumpamaan. Menurut istilah adalah menyerupakan sesuatu dengan yang lain pada sifat (karena kesamaan sifat) dengan menggunakan adat tasybih (alat tasybih) baik tersurat maupun tersirat. Dan Taufiq Al-hakim adalah Seorang sastrawan arab yang banyak melahirkan naskah drama, lahir di Iskandaria pada tanggal (9 Oktober 1898). Sehingga pembahasan dalam skripsi ini mengenai kajian .Tasybih tentang novel “Arinillah” karya Taufiq Al-hakim.Masalah yang dikemukakan dalam pembahasan ini meliputi dua hal, yaitu: 1.Apa macam-macam Tasybih dalam novel “ Arinillah” karya Taufiq Al-hakim? 2. Apa tujuan Tasybih dalam novel “Arinillah” karya Taufiq Al-hakim? Tujuan pembahasan dalam skripsi inia adalah untuk mengetahui tasybih dalam novel “Arinillah” karya taufiq al hakim. Metode yang digunakan dalam pembahasan ini adalah metode kualitatif yang mana pembahasan menganalisis data yang terkait dengan kajian pustaka sehingga dapat menganalisis dan sekaligus dapat mendeskriptifkan data-data yang telah dikelompokkan, dengan menggunakan teori-teori dalam ilmu Balaghoh yang berkaitan dengan pembahasan ini. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini, sebagai berikut: 1. Pembahas menemukan beberapa macam tasybih dalam novel Arinillah, yaitu tasybih mursal, tasybih mujmal, tasybih mufasil, tasybih baligh, tasybih muakad, tasybih maqbul, tasybih tamsyil, tasybih ghoiru tamsyil. 2.Pembahas menemukan beberapa maksud dan tujuan tasybih dalam novel Arinillah karya Taufiq Al hakim, yaitu untuk menjelaskan keadaan musyabbah, untuk menegaskan musyabbah, untuk menjelekkan keadaan musyabbah, utnuk menguraikan secara jelas keadaan musyabbah. Dengan adanya tasybih dalam novel Taufiq al hakim, khususnya dalam novel Arinillah. Maka dapat ditemukan keindahan yang terungkap dari susunan lafadz novel tersebut, sehingga para pembaca lebih semanggat untuk terus mendalami novel tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al-imamah, Ilchafatut TazkiyahIlcafatuttazkiyah@gmail.comA01216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDSu'ud, Thoriquthoriqusuud@uinsa.ac.id198011182009121002
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ilchafatut Tazkiyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 06:55
Last Modified: 02 Jan 2020 06:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36776

Actions (login required)

View Item View Item