أنواع الكلمة في اللغة العربية بين علم الصرف القديم وعلم الصرف الحديث

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mazidah, Nur (2019) أنواع الكلمة في اللغة العربية بين علم الصرف القديم وعلم الصرف الحديث. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Mazidah_A012160421.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu shorof telah menjadi bagian dari linguistik Arab yang mempelajari tentang perubahan-perubahan yang terjadi didalamnya. Pada pertengahan Abad pertama Hijriyah, perkembangan tersebut terus berlanjut hingga abad ke empat belas hijriyah, ilmu shorof tumbuh bersama ilmu Nahwu sebagai satu macam ilmu bahasa, selanjutnya ilmu shorof berkembang sendiri secara terpisah dari ilmu nahwu. Perkembangan ilmu shorof membawa perkembangan pada kaidah–kaidah didalamnya, diantaranya membahas tentang pembagian kata. Dalam ilmu shorof klasik kata yaitu: isim, fiil, dan huruf, dan dalam ilmu shorof modern kata itu dibagi menjadi tujuh yaitu: isim, sifat, fiil, kata ganti, seruan, keterangan (waktu dan tempat), dan kata tugas.Dengan adanya latar belakang tersebut, peneliti mengambil dua rumusan masalah sebagai berikut: apa persamaan pembagian Ilmu shorof telah menjadi bagian dari linguistik Arab yang mempelajari tentang perubahan-perubahan yang terjadi didalamnya. Pada pertengahan Abad pertama Hijriyah, perkembangan tersebut terus berlanjut hingga abad ke empat belas hijriyah, ilmu shorof tumbuh bersama ilmu Nahwu sebagai satu macam ilmu bahasa, selanjutnya ilmu shorof berkembang sendiri secara terpisah dari ilmu nahwu. Perkembangan ilmu shorof membawa perkembangan pada kaidah–kaidah didalamnya, diantaranya membahas tentang pembagian kata. Dalam ilmu shorof klasik kata yaitu: isim, fiil, dan huruf, dan dalam ilmu shorof modern kata itu dibagi menjadi tujuh yaitu: isim, sifat, fiil, kata ganti, seruan, keterangan (waktu dan tempat), dan kata tugas.Dengan adanya latar belakang tersebut, peneliti mengambil dua rumusan masalah sebagai berikut: apa persamaan pembagian kata dalam ilmu shorof klasik dan ilmu shorof modern? Dan apa perbedaan pembagian kata dalam ilmu shorof klasik dan ilmu shorof modern?.Untuk menjawab persoalaan diatas, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif sehingga mendapatkan hasil berikut: bahwa persamaan pembagian kata dalam ilmu shorof klasik dan modern adalah isim dan fiil, sedangkan perbedaan pembagian kata dalam ilmu shorof klasik dan modern adalah sifat, kata ganti, seruan, keterangan (waktu dan tempat), dan kata tugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mazidah, Nurmazidanur5@gmail.comA01216042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorAfandi, Nasikhul MusthofaUNSPECIFIED197610052007101004
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Kata bahasa Arab; Ilmu Shorof lama; Ilmu Shorof baru
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nur Mazidah
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:14
Last Modified: 13 Feb 2020 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36771

Actions (login required)

View Item View Item