Studi tentang pelaku konversi agama dari Islam ke Penghayat Kepercayaan Sapta Darma di Jemursari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahrurrozi, Muhammad (2019) Studi tentang pelaku konversi agama dari Islam ke Penghayat Kepercayaan Sapta Darma di Jemursari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fahrurrozi_E22215049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian di lapangan dengan Judul "Studi Tentang Pelaku Konversi Agama Dari Islam Ke Penghayat Kepercayaan Sapta Darma Di Jemursari Surabaya". Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kronologis terjadinya konversi agama dari Islam ke Penghayat Sapta Darma ini, faktor-faktor apa yang mendorong terjadinya konversi agama serta bagaimana pandangan keluarga terhadap para pelaku konversi agama. Jenis dari penelitian ini adalah kualitatif deskripstif yang dimana penelitian ini menggambarkan suatu keadaan asli yang dilakukan oleh pelaku konversi agama. Hasil penelitian menunjukan bahwa kronologis terjadinya konversi agama bermula dari terjadinya tekanan batin dari masing-masing invidu. Tekanan batin ini merupakan faktor terjadinya konversi agama. Kronologis selanjutnya pun dilakukan oleh para pelaku dengan pendalaman terhadap Sapta Darma dan ajaran kerokhaniannya. Untuk faktor-faktor pendorong konversi agama ini yaitu berdasarkan faktor internal maupun eksternal yakni tekanan batin, pengalaman keagamaan, kemiskinan, dan emosional. Dari faktor-faktor tersebut diketahui juga tejadinya konversi agama ini bermotifkan konversi batin, konversi eksperimental, dan konversi pembaharuan. Adapun pandangan keluarga terhadap para pelaku konversi agama ini adalah memberikan sikap menerima akan keputusan para pelaku dalam melakukan konversi agama. Sikap keputusan untuk menerima pelaku berkonversi agamanya karena para keluarga melihat secara langsung dampak perubahan yang terjadi oleh para pelaku. Baik sevara sikap dan perbuat yang berubah dari para pelaku membuat anggota keluarga yang mengetahui terjadinya konversi agama pada pelaku mempertimbangkan untuk menerima sebab, para pelaku juga masih anggota keluarga mereka dan mereka tidak boleh dijauhi ataupun diasingkan. Pandangan keluarga terhadap para pelaku pun masih sama dengan memberikan cinta kasih, rasa aman, dan sikap menerima keputusan para pelaku konversi agama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahrurrozi, Muhammadr.f4hrur@gmail.comE22215049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiyani, WiwikUNSPECIFIED1971120719970322003
TeacherArifin, ZainulUNSPECIFIED195602021990031001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Perilaku
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Muhammad Fahrurrozi
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:34
Last Modified: 02 Jan 2020 08:34
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36761

Actions (login required)

View Item View Item