IMPLEMENTASI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENANGANI KONSEP DIRI RENDAH PADA SISWA X DI SMP NEGERI 1 UJUNGPANGKAH

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anifah, Mufidatin (2015) IMPLEMENTASI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING DALAM MENANGANI KONSEP DIRI RENDAH PADA SISWA X DI SMP NEGERI 1 UJUNGPANGKAH. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk memotivasi siswa yang mengalami permasalahan konsep diri rendah. Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : (1) Bagaimana faktor-faktor terjadi rendahnya konsep diri pada siswa X di SMP Negeri 1 Ujungpangkah (2) Bagaimana implementasi teknik cognitive restructuring dalam menangani konsep diri rendah pada siswa X di SMP Negeri 1 Ujung pangkah (3) Bagaimana hasil dari implementasi teknik cognitive restructuring dalam menangani konsep diri rendah pada siswa X di SMP Negeri 1 Ujungpangkah.
Dalam mengungkap permasalahan yang peneliti kaji, metode yang di gunakan adalah metode kualitatif, dan teknik analisanya menggunakan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang ada di SMP Negeri 1 Ujungpangkah. Adapun proses observasi, wawancara, dan dokumentasi melibatkan beberapa pihak di antarannya:kepala sekolah untuk perijinan penelitian, wali kelas untuk data profil dan pribadi klien, teman-teman klien, klien dan guru bimbingan dan konseling.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik CR dalam menangani konsep diri rendah sangat membantu klien yang mengalami masalah tersebut. Mengacu pada tujuan teknik CR adalah membantu klien belajar mengenal dan menghentikan pikiran-pikiran negatif/ merusak diri dan mengganti pikiran tersebut dengan pikiran yang lebih positif maka teknik CR tersebut sangat berpengaruh dalam menangani masalah konsep diri rendah pada klien. Dari hasil pengumpulan data, peneliti juga mengamati proses konseling mengenai penerapan teknik CR dalam menangani konsep diri rendah, sumber data juga mengatakan bahwa implementasi teknik tersebut berjalan dengan baik dan membawakan hasil. Klien yang mengalami masalah tersebut sudah berubah. Masalah konsep diri rendah yang dialami siswa x yaitu: sering bolos sekolah, minta uang jajan temannya, suka jail dengan temannya, tidak mengerjakan PR, kurang bisa menerima dirinya apa adanya, kurang tahu tentang kelebihan dan kekuranganya, sering cemas dan tertutup terhadap kritik dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Machfud Bachtiyar
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anifah, MufidatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Bimbingan Penyuluhan
Uncontrolled Keywords: Cognitive Restructuring
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2016 04:51
Last Modified: 20 Jan 2016 04:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/3676

Actions (login required)

View Item View Item