Aliran Kebatinan perjalanan dan tanggapan masyarakat di Desa Keboansikep Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, M. Syaiful (2019) Aliran Kebatinan perjalanan dan tanggapan masyarakat di Desa Keboansikep Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Syaiful Hanafi_E02214007.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penulis meneliti tentang suatu Aliran Kebatinan perjalanan yang ada di Desa Keboansikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, untuk meneliti bagaimana Aliran Kebatinan Perjalanan di desa tersebut bisa merukunkan masyarakat maupun agama demi terciptanya kedamaian, manusia diperintahkan untuk melakukan kewajiban-Nya yang semestinya dan mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan saling membantu antar sesama.Pada tahun 1985 ada seorang yang asalnya dari kabupaten Tulungagung membawa Aliran Perjalanan di Sidoarjo yang bernama Bapak Sumadi tepatnya di desa Keboansikep. Aliran Kebatinan Perjalanana ini berbeda sekali dengan aliran kebatinan lainnya,karena aliran ini tertuju kepada keTuhanan atas karunia yang sudah diberikan kepada maklhuk dan ciptaan-Nya. Dalam rumusan masalah di penelitian ini dirumuskan dengan sebagai berikut; 1. Bagaimana sejarah munculnya Aliran Kebatinan Perjalanan di Sidoarjo. 2. bagaimana metode ajaran yang digunakan Aliran Kebatinan Perjalanan di Sidoarjo.3.Bagaimana tanggapan masyarakat mengenai Aliran Kebatinan Perjalanan. Dalam penelitian ini dilaksanakan di daerah Desa Keboansikep tepatnya di rumah warga penghayat dan juga warga lainnya penelitian ini menggunakan pedekatan kualitatif. dan juga menggunakan observasi,wawancara,dan juga dokumentasi sebagai alat pengumpulan data,hasil dari penelitian ini sebagai berikut; 1.Aliran Kebatinan Perjalanan adalah ajaran yang lebih mementingkan batin dalam menjalin hubungan dengan Tuhan tanpa perantara dan demi mewujudkan semua itu harus dengan di jalaninya. 2.Aliran Kebatian Perjalanan lahir batin dalam masyarakat yang belum begitu memahami akan ajaran agama yang sebelum mereka yakini,sehingga mereka ikut mempelajari Aliran Kebatinan perjalanan yang mereka anggap lebih mudah untuk dipamahi. 3.Tanggapan masyarakat mengenai Aliran Kebatinan tersebut di Desanya ditanggapi dengan baik oleh masyarakat sekitar,karena Aliran ini tidak menimbulkan kekacauan yang merusak atau mengganggu kerukunan antar umat beragama di Desa Keboansikep kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, M. Syaifulmsyaifulh07@gmail.comE02214007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasruddin, NasruddinUNSPECIFIED197308032009011005
TeacherUmi Rosidah, FeryaniUNSPECIFIED196902081996032003
Subjects: Aliran Kebatinan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: M syaiful Hanafi
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:12
Last Modified: 06 Jan 2020 07:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36756

Actions (login required)

View Item View Item