Studi Hadis “Birrul Walidain”: Hadis Sunan Ibn Majah No Indeks 3664 Perspektif Muhammad Nashiruddin Al-Albani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Luqmanul (2019) Studi Hadis “Birrul Walidain”: Hadis Sunan Ibn Majah No Indeks 3664 Perspektif Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luqmanul Hakim_E33213103.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaiamana penilaian Muhammad Nashiruddin Al Albani tentang Hadis Sunan Ibn Majah no indeks 3664, 2) Bagaimana kehujjahan dan pemaknaan Hadis Sunan Ibn Majah no indeks 3664. Tujuan Penelitian ini dilakukan adalah Untuk mengetahui penilaian Muhammad Nashiruddin Al Albani, serta ke- h}ujjah –an dan pemaknaan hadis tentang berbakti kepada orang tua setelah meninggal dunia dalam Sunan Ibn Majah nomor indeks 3664 Penelitian ini bersifat kepustakaan (library research). Upaya menjawab beberapa masalah tersebut dilakukan dengan menggunakan takhrij terhadap hadis yang diteliti, kemudian melakukan i’tibar al-sanad, melakukan analisa sanad dan matan serta melakukan pemaknaan dengan beberapa langkah.penelitian ini dilakukan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian Muhammad Nashiruddin Al Albani hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua setelah meninggal dunia dalam sunan Ibn Majah bernilai Dhaif. Sedangkan dari matannya dapat dikatakan Shahih karena tidak bertentangan dengan Alquran dan Hadis yang lebih kuat. Mengenai kehujjahannya, hadis tentang berbakti kepada kedua orang tua setelah meninggal dunia dalam Sunan Ibn Majah tidak dapat dijadikan Hujjah Mengenai pemaknaan hadis ini perbuatan baik yang harus diamalkan seorang anak setelah orang tua meninggal adalah: Mensholatkan Jenazahnya, Mendoakan orang tua, menepati janji orang tua, memuliakan teman-temannya, serta bersilaturrahmi kepada orang yang mempunyai hubungan dengan kedua orang tuanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, LuqmanulLuqmanhappy@gmail.comE33213103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaruq, UmarUNSPECIFIED196207051993031003
Thesis advisorHasan, Muzayyanah muthasimUNSPECIFIED195801311992032001
Subjects: Agama
Akhlak > Akhlak Mulia
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Berbakti kepada kedua orang tua setelah meninggal dunia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Luqmanul Hakim
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:47
Last Modified: 02 Jan 2020 08:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36726

Actions (login required)

View Item View Item