Konseling feminis dengan teknik assertive training untuk menangani trauma kekerasan seksual pada remaja perempuan di Kelurahan Mojo Gubeng Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agus, Faridz Ridha Syahputra (2019) Konseling feminis dengan teknik assertive training untuk menangani trauma kekerasan seksual pada remaja perempuan di Kelurahan Mojo Gubeng Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faridz Ridha Syahputra Agus_B93216081.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses konseling feminis dengan teknik assertive training untuk menanganti trauma kekerasan seksual pada remaja perempuan di Kelurahan Mojo Gubeng Surabaya?; (2) Bagaimana hasil konseling feminis dengan teknik assertive training untuk menangani trauma kekerasan seksual pada remaja perempuan di Kelurahan Mojo Gubeng Surabaya? Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisa studi kasus seorang remaja perempuan yang mengalami trauma kekerasan seksual di Kelurahan Mojo Gubeng Surabaya. Analisis menggunakan teknik wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif, dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah proses konseling. Penelitian ini menggunakan teknik penyembuhan assertive training.Proses konseling feminis dengan teknik assertive training untuk menangani trauma kekerasan pada remaja perempuan dilakukan oleh konselor dengan cara melatih keterampilan-keterampilan verbal dan non verbal yang asertif. Selain itu, konselor juga memberi permainan peran kepada konseli yang tidak bisa mengekspresikan perasaannya di saat-saat tertentu. Bermain peran juga dilakukan oleh konseli dengan cara membayangkan atau imajinasi. Hal ini dilakukan untuk memberi keberanian pada konseli ketika mengingat kejadian traumatik yang menganggunya sampai saat ini.Hasil akhir dari proses konseling dengan teknik assertive training dalam penelitian ini cukup berhasil. Hal itu dapat dilihat dari adanya perubahan perilaku konseli terhadap traumanya. Selain itu, konseli juga menunjukkan perubahan perilaku, seperti percaya diri saat di tempat umum, berkurangnya rasa cemas saat hendak presentasi, juga konseli dapat berbicara dan bersikap asertif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agus, Faridz Ridha Syahputrafaridzrsa@gmail.comB93216081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorNingsih, YusriaUNSPECIFIED197605182007012022
Subjects: Bimbingan Konseling
Gender
Kekerasan
Remaja
Seks
Uncontrolled Keywords: Konseling Feminis; assertive training; kekerasan seksual; trauma
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Faridz Agus
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:31
Last Modified: 02 Jan 2020 04:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36708

Actions (login required)

View Item View Item