Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dan Dzikir Studi Kasus pada Pasien yang Mengalami Fobia Sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhammad, Hedi Candra (2019) Terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) dan Dzikir Studi Kasus pada Pasien yang Mengalami Fobia Sosial. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hedi Candra_E072150007.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas masalah terapi spiritual emotional freedom technique (SEFT) dan dzikir untuk mengatasi fobia sosial. Fokus utama permasalahan adalah yang pertama apa dan bagaiamana terapi SEFT dan dzikir, kedua bagaimana penerapan terapi SEFT dan dzikir pada pasien yang mengalami fobia sosial. Tujuan skripsi ini adalah yang pertama adalah menjelaskan bagaimana terapi SEFT dan dzikir yang kedua menjelaskan dan menganalisa penerapan SEFT dan dzikir pada pasien yang mengalami fobia sosial. Metodologi dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, data yang diperoleh meliputi analisis, gambar atau fenomena, tetapi bukan statika yang ditelaah selama kurang lebih dua bulan dari bulan oktober 2019. Metode dalam skripsi ini adalah studi kasus. Diketahui bahwa penerapan SEFT dan dzikir pada pasien yang mengalami fobia sosial ini cukup berhasil atau berdampak positif dari hasil terapi yang sudah dilakukan klien sudah mengalami banyak perubahan, dari yang sebelumnya merasa tidak nyaman berada di tempat keramaian setalah diterapi klien sudah mulai terlihat aktif dalam beberapa kegiatan, penambahan metode dzikir ini juga menambah klien menjadi lebih cepat dalam proses penyembuhannya karena klien merasa lebih tenang ketika sambil membaca dzikir, dzikir yang digunakan adalah dzikir tahlil.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhammad, Hedi Candracandramhedi@gmail.conE07215007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhermanto, SuhermantoUNSPECIFIED196708201995031001
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Psikoterapi
Tasawuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Hedi Hedi Candra M
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:18
Last Modified: 03 Jan 2020 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36706

Actions (login required)

View Item View Item