Kajian al Quran Sains: Ayat-ayat Alquran tentang Bentuk Bumi Perspektif Agus Mustofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ishlahiyah, Tsamrotul (2019) Kajian al Quran Sains: Ayat-ayat Alquran tentang Bentuk Bumi Perspektif Agus Mustofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsamrotul Ishlahiyah_E93216088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tsamrotul Ishlahiyah, “Kajian Alquran Sains (Ayat-ayat Alquran tentang Bentuk Bumi Perspektif Agus Mustofa)”.
Alquran tidak selalu membahas mengenai Fiqh dan Aqidah saja. Di dalamnya tidak sedikit menceritakan tentang ayat kauniah atau tanda kealaman yang biasanya digunakan untuk menuntun ilmu kealaman/Sains. Sama halnya seperti Islam yang di dalamnya banyak terjadi perbedaan pendapat antar ulama, Sains pun dalam teori-teorinya tidak sedikit terjadi pertentangan antar ilmuan. Salah satu masalah dalam dunia sains yang mengalami pertentangan dan perdebatan adalah mengenai bentuk bumi. Teori bumi datar dan teori bumi bulat, masing-masing memiliki argument kuat yang diklaim kebenarannya. Sebagian ada yang membawa ayat-ayat Alquran sebagai bukti kuat argument mereka. Hal ini tentu akan membawa dampak buruk bagi keilmuan tafsir Alquran. Alquran dipaksa untuk sesuai dengan argument mereka. Hal seperti ini adalah sebuah kesalahan fatal dalam memahami Alquran. Salah satu tokoh pemikir Alquran di Indonesia yang sering melakukan pemahaman terhadap Alquran dengan berangkat dari asumsi keilmuannya adalah Agus Mustofa. Tidak sesuai dengan dugaan awal mengenai Agus Mustofa, penelitian ini mencoba membaca pemikiran Agus Mustofa tentang teori-teori bentuk bumi yang dikorelasikan dengan ayat-ayat Alquran beserta membahas metode dan corak Agus Mustofa dalam melakukan pemahaman terhadap ayat-ayat bentuk bumi.
Untuk memperoleh data-data yang berhubungan dengan variable yang diteliti, diperlukan kajian kepustakaan baik berupa buku-buku Sains murni, buku Alquran Sains, maupun buku karya tafsir Alquran serta dilakukan wawancara terhadap tokoh yang bersangkutan yakni Agus Mustofa. Hasil penelitian ini adalah adanya pemikiran yang keliru dalam cara pandang Agus Mustofa terhadap tafsir Alquran, khususnya terhadap ayat-ayat saintifik dalam Alquran. Begitupun juga dengan metode yang digunakan Agus Mustofa dalam memahami Alquran. Bahkan ia membuat istilah baru dalam metode memahami Alquran yakni metode puzzle. Dalam wawancara, ia menyebutkan bahwa metode ini sama pengertiannya dengan metode tafsir Alquran bi Alquran. Namun, sebenarnya dalam praktiknya Tafsir Alquran bi Alquran versi Agus Mustofa jika dibandingkan dengan tafsir Alquran bi Alquran yang dimaksud oleh mayoritas mufasir sebenarnya tidak sama. Metodologi dalam penerapan tafsir Alquran bi Alquran oleh Agus Mustofa kurang diperhatikan. Adapun corak Agus Mustofa dalam menafsiri ayat-ayat bentuk bumi adalah corak ilmiah (Sains). Berangkat dari asumsi mengenai teori-teori sains kemudian mencari pembenaran yang ada di dalam Alquran. Hal ini kurang tepat, mengingat dikhawatirkan terjadinya pemaksaan tafsir sesuai dengan keinginan pribadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ishlahiyah, Tsamrotultsamrotulishlahiyah66@gmail.comE93216088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDjalal, Abdula_djalal@yahoo.co.id2020097004
Subjects: Astronomi
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Uncontrolled Keywords: Ayat Al Quran; Bentuk Bumi; Sains;
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Tsamrotul Ishlahiyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:59
Last Modified: 02 Jan 2020 02:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36700

Actions (login required)

View Item View Item