قراءة القرآن و كتابته عند الأطفال المتعسرين بهما في مجمّع ديسلكسيا سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmaniyah, Putri saelah nadlifah (2019) قراءة القرآن و كتابته عند الأطفال المتعسرين بهما في مجمّع ديسلكسيا سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Saelah Nadlifah Rochmaniyah_A91216145.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian mengetahui bagaimana bentuk kesulitan membaca yang dialami anak disleksia dan juga menganalisis sejauhmana pengaruh ketidak mampuan membaca terhadap tiga kemapuan berbahasa lainnya, menyimak, berbicara dan menulis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbentuk studi kasus dengan menggunakan proses analisis dan penghubung anantar variabelnya. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan meliputi wawancara, observasi, rangkaian tes,dan studi kepustakaan. Disleksia adalah kehilangan kemampuan membaca pada seseorang dikarenakan akibat kerusakan pada otak, selain mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis, disleksia juga di tengarai mempengaruhi ketidakmampuan seseorang untuk menyusun atau membaca kalimat dalam urutan terbalik tetapi juga dalam berbagai macam urutan, termaksud dari atas kebawah. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca yang dilakukan siswa tidak dapat dikategorikan sama karena ketidakmampuan siswa satu dengan yang lainnya berbeda. Satu-satunya yang sama pada mereka adalah kemampuan membacanya yang sangat rendah ditinjau dari usia dan intelegensinya. Dari tes membaca yang diberikan, mayoritas ketidakmampuan yang dilakukan anak-anak disleksia adalah pada saat siswa menjumpai kata yang mengandung lebih dari dua kata, dan cenderung kesulitan membaca bentuk kata yang lebih kompleks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmaniyah, Putri saelah nadlifahSaelahputri@gmail.comA91216145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDahlah, JuwairiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Linguistik
Uncontrolled Keywords: Disleksia; Membaca; Menulis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Putri saelah nadlifah Rochmaniyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 03:30
Last Modified: 02 Jan 2020 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36683

Actions (login required)

View Item View Item