Pop culture sebagai simbol komunikasi generasi milenial di Surabaya; studi pada penggemar korean wave

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamawati, Syafira Aulia (2019) Pop culture sebagai simbol komunikasi generasi milenial di Surabaya; studi pada penggemar korean wave. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syafira Aulia Purnamawati_B76216110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persoalan yang akan dikaji dalam skripsi ini, yaitu bagaimana pop culture dijadikan sebagai simbol komunikasi Generasi Milenial, studi penggemar Korean Wave. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami dan mendeskripsikan persepsi dan implementasi generasi milenial tentang popular culture Korea. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan pop culture sebagai simbol komunikasi generasi milenial di Surabaya dengan studi penggemar Korean Wave. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi dan didasari teori triple m. Hasil penelitian ini menemukan bahwa generasi milenial memiliki persepsi tentang lifestyle, fashionstyle, dan lagu Korea sebagai hobby. Sedangkan implementasi pop culture Korea sebagai simbol komunikasi yaitu generasi milenial menerapkan lifestyle, fashionstyle, dan lagu Korea untuk dinikmati dan didengarkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, beberapa rekomendasi yang diperkirakan dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya adalah generasi milenial tidak harus selalu mengikuti tren budaya pop Korea dan diharap bijak dalam menerima segala informasi dari luar serta tidak secara langsung menerima begitu saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamawati, Syafira Auliasyafiraaulia40@gmail.comB76216110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, MuchlisUNSPECIFIED197911242009121001
Subjects: Komunikasi
Budaya
Keywords: Pop culture; Simbol Komunikasi; Korean Wave
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Syafira Aulia Purnamawati
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:50
Last Modified: 02 Jan 2020 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36672

Actions (login required)

View Item View Item