Implementasi optimisme pada self concept; studi hadis dalam kitab Sunan Abu Dawud nomor indeks 3916

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Alfa Khoirunnisail (2019) Implementasi optimisme pada self concept; studi hadis dalam kitab Sunan Abu Dawud nomor indeks 3916. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfa Khoirunnisail M_E05216003.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena menimbang bahwa menerapkan optimisme ini sangat penting untuk menjalani kehidupan yang modern ini. Melihat semakin maraknya kasus bunuh diri, narkoba, gangguan jiwa serta perilaku negatif lainnya yang disebabkan semakin ketatnya persaingan dalam kehidupan. Sehingga dituntut untuk meningkatkan kualitas diri setinggi-tingginya. Bahkan Nabi Muhammad SAW pada zamannya sudah menyukai sifat optimisme ini bahkan menganjurkan sahabat-sahabatnya untuk memiliki sikap optimisme. Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab permasalahan mengenai kualitas, keh}ujjahan dan subtansial hadis tentang optimisme dalam kitab Sunan Abi Dawud no Indeks 3916 dalam penelitian ini terfokus pada kata kunci al-Fa’l. Sifat penelitian ini adalah kepustakaan dengan menggunakan metode penyajian secara deskriptif dan analitis. Sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas, maka pengumpulan data diperoleh dengan kitab Sunan Abi Dawud dan dibantu dengan kitab standar lainnya, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode takhrij dan diakhiri dengan metode ma’an al-Hadith untuk memahami isi dari hadis tersebut dan mengimplementasikan optimisme pada diri sendiri (Self Concept). Hasil dari penelitian ini yaitu hadis terkait optimisme dalam Sunan Abi Dawud nomor Indeks 3916 memiliki kualitas hadis shahih baik secara sanad dan matan, serta telah memenuhi kualifikasi kehujjahan hadis sahih sehingga hadis tersebut dapat dijadikan h}ujjah dan dapat diamalkan sesuai dengan konteksnya. Kemudian setelah mengkaji matannya bahwa nabi Muhammad SAW sudah mengimplementasikan optimisme dalam diri beliau dengan cara memiliki keyakinan dan komitmen dalam diri, berusaha dan sabar, mengontrol emosi diri dan memiliki pendukung (motivator).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Alfa Khoirunnisailalfaelmufidah@gmail.comE05216003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorHadi Sucipto, Muhammad-197503102003121003
Thesis advisorIlmiah, Dakhirul-197402072014112003
Subjects: Kepribadian
Hadis
Uncontrolled Keywords: al Fa'l; Optimisme; Hadis; Sunan Abu Dawud
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Alfa khoirunnisail Mufidah
Date Deposited: 02 Jan 2020 04:23
Last Modified: 02 Jan 2020 04:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36657

Actions (login required)

View Item View Item