Konsep kekekalan akhirat perspektif Agus Mustofa: studi terhadap buku serial Ternyata Akhirat Tidak Kekal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fuadi, Yasin (2019) Konsep kekekalan akhirat perspektif Agus Mustofa: studi terhadap buku serial Ternyata Akhirat Tidak Kekal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasin Fuadi_E03213092.pdf

Download (969kB)

Abstract

Tafsir adalah suatu proses interpretasi seseorang terhadap ayat Alquran guna memahami makna yang terkandung di dalamnya. Buah dari proses interpretasi disebut hasil penafsiran yang diwujudkan dalam bentuk karya tafsir. Karya tafsir sendiri beragam macam kriteria, sesuai dari aspek mana penafsiran diklasifikasikan. Ada yang berdasarkan dari sumber, metode, corak sampai pendekatan. Semua itu tergantung pada kecondongan penafsir yang terbentuk lantaran faktor riwayat pendidikan, lingkungan, maupun intervensi penguasa. Di era sekarang ini, menjadi suatu trend menafsirkan Alquran dengan pendekatan sains sebagai upaya pembuktian bahwa Alquran memiliki nilai scientific. Salah satunya adalah Buku Ternyata Akhirat Tidak Kekal karya Agus Mustofa yang kontroversial. Oleh karenanya, penelitian ini diorientasikan pada pemahaman-pemahaman yang termuat di dalamnya, serta metodologi penafsiran Agus Mustofa dalam memahami ayat Alquran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dimana data diperoleh dari studi kepustakaan (library research). Dengan metode ini, data-data yang diperoleh akan diinventarisasi untuk kemudian dibahas secara deskriptif-analitis. Untuk mengetahui metodologi Agus Mustofa, penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Wardani. Dengan teori tersebut akan diketahui aspek-aspek metodologis penafsiran Agus Mustofa dalam Buku Ternyata Akhirat Tidak Kekal. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa sumber penafsiran Agus Mustofa dalam Buku Ternyata Akhirat Tidak Kekal dominan menggunakan akal atau bi al rayi. Bila ditinjau dari model penjelasannya termasuk metode maudlui. Bila ditinjau dari kecenderungan coraknya termasuk tafsir Ilmiy. Bila ditinjau dari sisi pendekatan yang digunakan, termasuk pendekatan tekstual karena lebih dominan pada karakteristik tekstual. Meskipun dalam aspek pergerakan, penafsirannya bergerak dari praksis (konteks) menuju refleksi (teks) yang sejatinya bagian dari karakteristik pendekatan kontekstual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fuadi, Yasinfuadiyasin9@gmail.comE03213092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, MusyarrofahUNSPECIFIED197106141998032002
Thesis advisorYardho, MohammadUNSPECIFIED198506102015031006
Subjects: Akhirat > Neraka
Akhirat > Surga
Akhirat
Alam Ghaib
Keywords: Ternyata Akhirat Tidak Kekal; Metodologi; Penafsiran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Yasin Fuadi Yasin
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:03
Last Modified: 02 Jan 2020 02:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36648

Actions (login required)

View Item View Item