Pembaharuan Pemikiran Islam : Telaah Kritis M Rasjidi Terhadap Pemikiran Harun Nasution

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yulianto, Ridho (2019) Pembaharuan Pemikiran Islam : Telaah Kritis M Rasjidi Terhadap Pemikiran Harun Nasution. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ridho Yulianto_A92215118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pembaharuan Pemikiran Islam (Telaah Kritis M Rasjidi Terhadap Pemikiran Harun Nasution)” fokus permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana latar belakang kehidupan M Rasjidi dan Harun Nasution? (2) bagaimana karakteristik pembaharuan pemikiran M Rasjidi dan Harun Nasution? (3) bagaimana kritik M Rasjidi terhadap pemikiran Harun Nasution? Dalam penulisan skripsi ini, menggunakan metode penelitian sejarah yaitu: heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosial-intelektual dan teori dari Ibnu Khaldun Aqli (rasional) adalah Ilmu yang bersifat alami bagi manusia, dapat diperoleh melalui akal dan pikirannya. Naqli (tradisional) ilmu yang diperoleh dari orang yang mengajarkannya, bersumber dari Al Qur’an dan Hadits.Hasil dari penelitian adalah menyimpulkan bahwa: (1) M Rasjidi dan Harun Nasution memiliki latar belakang kehidupan yang berbeda, sehingga membentuk corak pemikiran yang sangat berbeda. (2) M Rasjidi merupakan seorang tokoh pembaharu Islam yang dikenal sebagai “pembela keimanan”. M Rasjidi memiliki pemikiran mengarah ke puritan. Sedangkan, Harun Nasution dikenal sebagai pencetus dan penggerak kajian Falsafat Islam secara akademis di Indonesia. Harun Nasution memiliki pemikiran mengarah ke rasional. (3) Di sekitar tahun 1970 buku yang berjudul Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya yang ditulis oleh Harun Nasution beredar. Tanggapan serius datang dari M. Rasjidi mengajukan laporan kepada Mentri Agama mengenai buku tersebut, tapi tidak mendapat respon dari departemen agama. Kemudian M. Rasjidi menulis buku yang berjudul “Koreksi Terhadap Dr. Harun Nasution Tentang Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yulianto, Ridhoridhoyee@gmail.comA92215118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhdi, AchmadUNSPECIFIED196110111991031001
Subjects: Pemikiran
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ridho Yulianto
Date Deposited: 31 Dec 2019 06:57
Last Modified: 06 Jan 2020 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36616

Actions (login required)

View Item View Item