شخصية "سامية" في مسرحية "قطط وفيران" لعلي أحمد باكثير (دراسة سيكولوجية أدبية عند سيغمند فرويد)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadhoni, M. (2019) شخصية "سامية" في مسرحية "قطط وفيران" لعلي أحمد باكثير (دراسة سيكولوجية أدبية عند سيغمند فرويد). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Romadhoni_A01216032...pdf

Download (9MB)

Abstract

ملخصKepribadian “Samiyah” dalam Drama “Kucing dan Tikus” Karya Ali Ahmad Bakatsir(Kajian Psikologi Sastra Menurut Sigmund Freud)Kepribadian adalah pola khas dari fikiran, perasaan dan tingkah laku yang membedakan orang satu dengan yang lain dan tidak berubah lintas waktu dan situasi (Menurut Phares, Alwisol, 2011:8). Sedangkan watak, perwatakan, dan karakter menunjukkan pada sifat dan sikap para tokoh seperti yang ditafsirkan oleh pembaca, lebih menunjuk pada kualitas pribadi seorang tokoh. Penokohan dan karakterisasi sering juga disamakan artinya dengan karakter dan perwatakan menunjuk pada penempatan tokoh-tokoh tertentu dengan watak-watak tertentu dalam sebuah cerita (Nurgiyantoro, 2015:247). Masalah yang dikemukakan dalam rumusan masalah meliputi dua hal, yaitu: Bagaimana bentuk perwatakan tokoh “Samiyah” dalam drama “Kucing dan Tikus” karya Ali Ahmad Bakatsir dan Apa penyebab perwatakan tokoh “Samiyah” dalam drama “Kucing dan Tikus” karya Ali Ahmad Bakatsir.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Data yang dihasilkan berupa kata-kata dalam bentuk kutipan-kutipan percakapan dari drama “Kucing dan Tikus” karya Ali Ahmad Bakatsir.Hasil dari analisis kepribadian “Samiyah” dalam drama “Kucing dan Tikus” karya Ali Ahmad Bakatsir menggunakan Teori Psikoanalisa Sigmund Freud, dapat disimpulkan bahwa: Terdapat 26 data, yaitu sifat Samiyah lebih dominan ke ego yang merupakan desakan dari id (sifat bawaan dari ibunya) seperti emosional, materialisme, riya’ dan ambisius. Superego sebagai mengatur atau mengontrol sikap dan perilakunya, yaitu pekerja keras, patuh, adil, dan tidak mudah terhasut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadhoni, M.romadhoni365@gmail.comA01216032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDZaidun, AchmadUNSPECIFIED195806091987031004
Subjects: Linguistik > Psikolinguistik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: M. Romadhoni
Date Deposited: 31 Dec 2019 05:00
Last Modified: 31 Dec 2019 05:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36608

Actions (login required)

View Item View Item