Motivasi dan kompensasi relawan di Yayasan Al Madina Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosida, Ika Nazilatur (2019) Motivasi dan kompensasi relawan di Yayasan Al Madina Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ika Nazilatur Rosida_B94216078.pdf

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan, yaitu: apa saja faktor yang mempengaruhi motivasi relawan di Yayasan Al Madina Surabaya dan bagaimana bentuk kompensasi yang diberikan kepada relawan di Yayasan Al Madina Surabaya. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk teknik pengumpulan data. Dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan triangulasi data dan meningkatkan ketekunan. Hal tersebut dilakukan peneliti untuk menguji keabsahan data dan digunakan untuk pengecekan data. Selain itu, peneliti juga melakukan pemilahan data, menyajikan data, dan menganalisis data secara sistematis. Penelitian ini menemukan, bahwa Yayasan Al Madina Surabaya mengangkat relawan untuk kegiatan operasional sehari-hari. Tugas relawan adalah melayani yatim dan mendampingi kegiatan sehari-hari. Motivasi relawan di Yayasan Al Madina Surabaya dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu: faktor intern dan faktor ekstern. Dalam hal ini, motivasi relawan adalah keinginan untuk mengembangkan diri. Faktor ekstern yang mempengaruhi motivasi relawan adalah pemberian motivasi oleh ketua yayasan dan jaminan kedudukan. Bentuk kompensasi di Yayasan Al Madina berupa kompensasi tidak langsung dan berupa kesejahteraan relawan. Dalam hal ini, kompensasi relawan yang diberikan oleh yayasan berupa modal dan tempat bisnis tanpa sistem bagi hasil. Seiring dengan hasil kesimpulan yang dipaparkan di atas, peneliti menyarankan kepada ketua yayasan untuk menjaga dan memonitoring seluruh kegiatan di Yayasan Al Madina Surabaya. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menjaga stabilitas motivasi relawan terhadap penyelesaian tugas dan relawan dapat bertanggungjawab terhadap kompensasi yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosida, Ika Nazilaturikanr98@gmail.comB94216078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSubandi, Bambangbangbandi@yahoo.com197403032000031001
Subjects: Manajemen Dakwah
Dakwah > Dakwah - Motivasi Kerja
Uncontrolled Keywords: Relawan; Motivasi; Kompensasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ika Nazilatur Rosida
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:05
Last Modified: 03 Jan 2020 04:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36574

Actions (login required)

View Item View Item