Menjaga Lisan Hadis Musnad Ahmad Ibn Hanbal No.Indeks 22.063

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Johan, Achmad Johansyah (2019) Menjaga Lisan Hadis Musnad Ahmad Ibn Hanbal No.Indeks 22.063. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Johansyah_E75214015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kitab Musnad Ahmad ibn H}anbal termasuk dalam al-Kutub al-Tis’ah (Kitab Sembilan Imam Hadis yang menjadi rujukan utama bagi kaum muslimin. Kitab ini menghimpun sekitar 40.000 Hadis yang terbagi menjadi 18 Juz. Dalam kitab Musnad Ah}mad ibn Hanbal ini banyak berisi hadis-hadis yang salah satunya adalah hadis dengan nomor indeks 22. 063 mengenai anjuran menjaga lisan karena dampak yang ditimbulkan dari kesalahan lisan dapat menjerumuskan seseorang kedalam neraka. Penelitian yang dilakukan terhadap hadis ini merupakan penelitian kepustakaan. Dalam penelitian ini, penulis mengambil langkah-langkah dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber, diteliti dan dibandingkan.langkah berikutnya yakni melakukan penelitian kritik sanad dan matan dengan tujuan untuk mengetahui kualitas hadis tersebut. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis ini menunjukkan bahwa kualitas hadis tentang menjaga lisan dalam Musnad Imam Ah}mad ibn Hanbal adalah hasan li Ghoirihi. Hifdh al-Lisan menurut hadis menjaga lisan pada kitab musnad Imam Ahmad ibn H}anbal No. Indeks 22.063 yakni dalam sabda Nabi Muhammad Saw. yakni hidung (wajah manusia tidak jatuh ke neraka kecuali disebabkan oleh perkataan lisan mereka. Imam al-Nawawi menjelaskan bahwa setiap orang wajib menjaga lisan dari segala jenis perkataan, kecuali terhadap pembicaraan yang mengandung manfaat. Pembicaraan yang berstatus mubah, membuka jalan kepada perbuatan yang haram dan makruh yang sering sekali terjadi, sedangkan keselamatan adalah suatu keberuntungan yang tiada taranya.Implikasi menjaga lisan dalam kehidupan yakni berdasarkan dampak buruk akibat kesalahan lisan manusia, secara garis besar menyebabkan pelaku maupun korban mengalami gangguan secara emosional, dan apabila hal tersebut terjadi maka akan memacu gangguan pada pikiran dan psikis seseorang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Johan, Achmad Johansyahboltthestrongest@gmail.comE75214015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorBudi, H. Budi IchwayudiUNSPECIFIED197604162005011004
Thesis advisorIlmiyah, Dakhirotul IlmiyahUNSPECIFIED197402072014112003
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Hadis Musnad Ahmad bin Hanbal
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Achmad Johansyah
Date Deposited: 02 Jan 2020 01:46
Last Modified: 02 Jan 2020 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36531

Actions (login required)

View Item View Item