Implementasi ATPEE Pada Pengelolaan Keuangan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Dalam Pencapaian Good Goverance

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma'rifah, Dwi Bustanil (2019) Implementasi ATPEE Pada Pengelolaan Keuangan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Dalam Pencapaian Good Goverance. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
DWI BUSTANIL MA'RIFAH (G72216030).pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi ATPEE Pada Pengelolaan Keuangan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Dalam Pencapaian Good Governance”ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab pertanyaan tentang bagaimana Analisis Implementasi ATPEE Pada Pengelolaan Keuangan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Dalam Pencapaian Good Governance dan Kendala Implementasi ATPEE Pada Pengelolaan Keuangan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro Dalam Pencapaian Good Governance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan 3 metode, pertama observasi yaitu pengamatan secara langsung di tempat penelitian, kedua wawancara yang dilakukan dengan Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendaha Desa, BPD, Kaur Perencanaan, Kaur TU dan Umum, Kaur Keuangan, Tokoh Agama dan Masyarakat Desa Tejo, dan ketiga dokumentasi yang kemudian diolah dan dianalisis setelah itu disimpulkan dan diimplementasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintahan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro belum sepenuhnya mengimplementasikan Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Efektivitas dan Efisiensi karena kurangnya wawasan bendahara desa dalam penatausahaan sehingga laporan pertanggungjawaban tidak disampaikan secara tepat waktu, belum adanya papan informasi yang menginformasikan keluar masuknya anggaran dan web desa yang menginformasikan kegiatan pemerintahan desa, kurangnya sosialisasi pemerintah desa kepada warga tentang program dana desa sehingga masyarakat kurang paham tentang program dana desa tersebut, kurangnya perencanaan dan penganggaran pembangunan desa belum sepenuhnya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Saran yang disampaikan peneliti kepada pemerintahan Desa Tejo Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro supaya mendorong penyelenggaraan good governance agar dapat mengelola keuangan desa dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlakudan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro hendaknya mengadakan bimbingan teknis kepada aparatur desaagar kemampuan sumber daya pemerintah desa lebih meningkat sehingga dapat tercapainya pemerintah yang baik yang bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme dan tercapainya visi Desa Tejo “Menjadikan Desa Tejo Bangkit Menuju Bojonegoro Matoh”

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma'rifah, Dwi Bustanildwibustanilmarifah@gmail.comG72216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMusfiqoh, SitiUNSPECIFIED1976081320060042002
Subjects: Ekonomi
Etos Kerja
Keuangan
Uncontrolled Keywords: Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi, Efektivitas dan Efisiensi, Pengelolaan Keuangan Desa, Good Governance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Dwi Bustanil Ma'rifah
Date Deposited: 31 Dec 2019 01:24
Last Modified: 31 Dec 2019 01:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36528

Actions (login required)

View Item View Item