Efektivitas Sound Qur’anic Healing untuk mereduksi Culture Shock Mahasiswa Baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khadafi, Muhammad (2019) Efektivitas Sound Qur’anic Healing untuk mereduksi Culture Shock Mahasiswa Baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Khadafi_B53216057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Culture Shock merupakan serangkaian reaksi emosional terhadap hilangnya Reinforcements perseptual dari budaya sendiri, terhadap rangsangan budaya baru yang sangat belum terbiasa. Akibat yang ditimbulkan seperti perasaan tidak berdaya, mudah marah, dan kekhawatiran, cemas (anxiety) serta diabaikan yang tentunya hal ini akan memakan waktu yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan Pertama, mengetahui efektivitas peran Sound Qur’anic Healing dalam mereduksi Culture Shock pada mahasiswa baru. Kedua, Mengetahui hasil akhir Sound Qur’anic Healing dalam mereduksi Culture Shock pada mahasiswa baru.
Peneliti menggunakan metode true experiment, pretest-posttest control group design untuk menjawab tujuan penelitian di atas. Selain itu, penelitian ini menggunakan tahap-tahap konseling, yaitu identifikasi, diagnosis, prognosis, treatment, serta evaluasi dan follow up.
Dalam penelitian ini, peneliti menemukan beberapa hasil yaitu Pertama, pada uji Paired Sample Statistic, data pre-test kelompok eksperimen (980) dan post-test (623) yang dikelola, menunjukkan bahwa adanya pereduksian kondisi Culture Shock pada mahasiswa baru. Kedua, pada uji Paired Sample t-Test terdapat signifikansi nilai sebesar 0,000 < 0,05 maka kesimpulan yang diambil adalah Ha diterima yaitu terdapat perbedaan dan pereduksian kondisi psikis yang signifikan dan lebih baik pada peserta setelah penerapan Sound Qur’anic Healing dalam mengurangi Culture Shock pada Mahasiswa Baru Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel Surabaya. Ketiga, peneliti menemukan perubahan (1) berkurangnya rasa khawatir terhadap kegiatan baru perkuliahan, (2) mulai membiasakan diri dengan program-program baru dari kampus, (3) merasa aman dengan lingkungan baru dan Semangat untuk beradaptasi dengan segala aspek baru yang ditemuinya, (4) paham dengan potensi diri, (5) selama penelitian, peserta sangat antusias untuk mendengarkan sound yang diberikan, baik secara langsung tatap muka ataupun online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khadafi, Muhammadmdhaffy@gmail.comB53216057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusags_hana@yahoo.co.id197008251998031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Al Qur'an
Terapi
Budaya
Keywords: Kecemasan; al Quran;
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Khadafi
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:11
Last Modified: 02 Jan 2020 02:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36519

Actions (login required)

View Item View Item