Liwa' dan Rayah: analisis Semiologis Ferdinand De Saussure dalam simbol Hizbut Tahrir Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Said, Lukman Hadi Nur (2019) Liwa' dan Rayah: analisis Semiologis Ferdinand De Saussure dalam simbol Hizbut Tahrir Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lukman Hadi Nur Said_E21215083.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: dewasa ini dalam dunia Islam tengah mengalami permasalahan dalam mengeksistensikan ajarannya, bukan hanya dalam bereksistensi akan tetapi dalam menerapkan ideologi keagamaan yang menurut ajaran mereka benar-benar mutlak dan harus ditaati. Tidak lain permasalahan yang terjadi dalam dunia Islam dewasa ini adalah dari organisasi yang dibubarkan oleh pemerintah yaitu Hizbut Tahrir Indonesia atau Hizbut Tahrir. Organisasi ini dalam bereksistensi selalu menggunakan dan mengibarkan bendera Liwa’ dan Rayah, yang dalam masalah ini menjadi pusat permasalahan peneliti. Simbol Liwa’ dan Rayah adalah bendera yang pada masa Rasulullah digunakan dalam peperangan, akan tetapi dari organisasi tersebut tidak mengakui bahwa bendera Liwa’ dan Rayah adalah bendera HTI/HT dan mengatakan bahwa kedua bendera tersebut adalah panji Rasulullah. Untuk mengungkap masalah yang terjadi dalam simbolisasi keagamaan dari HTI/HT. Peneliti akan menggunakan pisau analisis Ferdinand De Saussure dalam ilmu semiotika pada distingsi signified dan signifier, yang hasilnya akan menganalisa simbolisasi keagamaan dari organisasi HTI/HT, sehingga memperoleh sebuah hasil bahwa Liwa’ dan Rayah adalah memang sebagai bendera HTI/HT menurut analisis semiologis Ferdinand De Saussure.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Said, Lukman Hadi Nurlukmanhadinursaid@gmail.comE21215083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id196008131994031003
Thesis advisorAl Amin, Ainur Rafiqar.alamin1972@gmail.com197206252005011007
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Said Lukman Hadi Nur
Date Deposited: 02 Jan 2020 08:22
Last Modified: 02 Jan 2020 08:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36500

Actions (login required)

View Item View Item