Mitos dan makna mata air Patirtan Umbul Jambe bagi pengunjung di Desa Babadan Paron Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnama, Roqib Yanuarinda (2019) Mitos dan makna mata air Patirtan Umbul Jambe bagi pengunjung di Desa Babadan Paron Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roqib Yanuarinda Purnama_E92215042.pdf

Download (945kB)

Abstract

Skripsi ini memiliki fokus penelitian, yaitu mengkaji mitos dan makna mata air Patirtan Umbul Jambe bagi pengunjung. Adapun fokus masalah yang dibahas pada pada penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana nilai-nilai mitos mata air Patirtan Umbul Jambe? 2) Bagaimana pengunjung memaknai keberadaan mata air Patirtan Umbul Jambe?. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat mitos tentang mata air Patirtan Umbul Jambe masih dipercayai sampai sekarang oleh masyarakat dan pengunjung: 1) mitos yang menceritakan tentang perjalanan spiritual sosok Prabu Brawijaya V yang sempat singgah untuk melakukan sesuci diri di mata air Patirtan Umbul Jambe, 2) mitos tentang pertemuan antara tiga tokoh penting pada zamannya, yakni Prabu Brawijaya, Raden Patah dan Sunan Kalijogo, 3) mitos tentang pertemuan Prabu Brawijaya, Raden Patah dan Sunan Kalijogo dengan Sabdo Palon Noyo Genggong. Mitos tersebut dibangun dan diwariskan secara turun temurun dari generasi-generasi sebelumnya kepada generasi saat ini. Berdasarkan mitos tersebut, masyarakat dan pengunjung menganggap adanya nilai-nilai berupa nilai kesakralan dan nilai kebermanfaatan yang mereka dapatkan dan rasakan. Selain itu, tedapat juga masyarakat dan pengunjung memaknai bahwa air dari mata air Patirtan Umbul Jambe menyimpan kekuatan supranatural. Mereka mempercayai air tersebut memiliki khasiat, yaitu sebagai pengobatan atau sarana untuk penyembuhan. Tidak hanya itu air tersebut dipercayai dapat menolak sial atau tolak balak, membuat awet muda, sarana untuk memperlancar rezeki dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnama, Roqib Yanuarindaroqibyp04@gmail.comE92215042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKunawi, KunawiUNSPECIFIED196409181992031001
Thesis advisorNasruddin, NasruddinUNSPECIFIED197308032009011005
Subjects: Perbandingan Agama
Perbandingan Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Roqib Yanuarinda Purnama Roqib
Date Deposited: 30 Dec 2019 09:29
Last Modified: 30 Dec 2019 09:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36422

Actions (login required)

View Item View Item