Perkembangan pemikiran Ulil Abshar Abdalla dari Islam Liberal menuju Islam Spiritual Tahun 2001-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diarti, Debby Citra (2019) Perkembangan pemikiran Ulil Abshar Abdalla dari Islam Liberal menuju Islam Spiritual Tahun 2001-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Debby Citra Diarti_A2216118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian sejarah dengan judul “Perkembangan Pemikiran Ulil Abshar Abdalla Dari Islam Liberal Menuju Islam Spiritual Tahun 2002-2019”. Penelitian ini menjawab permasalahan bagaimana sosok seorang Ulil Abshar Abdalla dan sejarah Islam liberal dan masuknya pemikiran Islam liberal di Indonesia terutama terbentuknya Jaringan Islam liberal dari tahun 2002 sampai 2019. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode historis dengan menggunakan sumber sekunder yang berasal dari kepustakaan. Kemudian penulis juga melakukan wawancara melalui media sosial. Pendekatan tersebut berguna dalam mengungkapkan bagaimana perkembangan pemikiran sosok Ulil Abshar Abdalla dan mengetahui dinamika pemikirannya. Dalam hal teori penulis menggunakan teori Archeology of knowledge yang di kemukakan oleh Michel Foucault, menjelaskan bahwa sebuah perkembangan dan konflik dalam kehidupan itu tidak bisa dipisahkan dari kehidupan terdahulu. Dan untuk mengetahui sebuah perkembangan tersebut harus mengumpulkan ulang masalah terdahulu dan yang terkini. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa Ulil Abshar Abdalla adalah seorang yang lahir dari keluarga NU. Ia memiliki pemikiran yang cukup unik dan mengakibatkan kontroversi yang sangat menarik. Ketika ia menuliskan sebuah artikel yang berjudul “Menyegarkan Kembali Pemahaman Islam“. Tak hanya itu Ulil sendiri merupakan ko’ordinator Jaringan Islam Liberal. Sebuah organisasi yang menyuarakan pemikiran serta gagasan para intelektual muda dengan bebas terhadap publik. Disamping itu dinamika pemikiran yang dimiliki Ulil cukup menarik perhatian yang berubah dari pemikiran liberal menuju spiritual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diarti, Debby Citradebbycitra96@gmail.comA92216118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorGhazali, ImamUNSPECIFIED19602121990031002
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Radikal dan Radikalisme
Tasawuf
Uncontrolled Keywords: Ulil Abshar Abdalla; Islam Liberal; Islam Spiritual
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Debby Citra Diarti
Date Deposited: 30 Dec 2019 06:47
Last Modified: 30 Dec 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36421

Actions (login required)

View Item View Item