Representasi syukur dalam iklan Ramadhan: analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada iklan "selalu bersyukur"

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnayni, Nia Fitri Andri (2019) Representasi syukur dalam iklan Ramadhan: analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada iklan "selalu bersyukur". Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nia Fitri Andri Isnayni_B76215095.pdf

Download (3MB)

Abstract

Iklan Ramadhan, sebagaimana iklan pada umumnya, merupakan bentuk komunikasi. Pesan yang ingin disampaikan melalui iklan Ramadhan beraneka ragam, salah satunya adalah pesan untuk bersyukur. Bersyukur dalam Islam tidak terbatas pada ucapan Alhamdulillah. Terdapat tiga macam syukur berdasarkan wilayah nampaknya, yaitu syukur dengan hati (bi qolbi), syukur dengan lisan (bi lisan) dan syukur dengan anggota tubuh (bi jawarih) Dalam penelitian ini dikaji bagaimana syukur direpresentasikan dalam iklan Ramadhan “Selalu Bersyukur”? Iklan tersebut adalah iklan Ramadhan dari brand kosmetik Wardah yang tayang pada periode Ramadhan 2019. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian analisis teks media dengan semiotika sebagai metode analisisnya. Model semiotika yang digunakan dalam penelitian ini adalah model semiotika Charles Sanders Peirce. Setelah dilakukan analisis data terhadap scene-scene iklan “Selalu Bersyukur” yang merepresentasikan syukur, maka diperoleh hasil penelitian antara lain: (1) perempuan sebagai pihak yang harus bersyukur, (2) kekurangan tidak menjadi alasan untuk tidak bersyukur, dan (3) kecantikan dalam hati terpancar ketika seseorang selalu bersyukur.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnayni, Nia Fitri Andriisnayni7@gmail.comB76215095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Iklan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Isnayni Nia Fitri Andri
Date Deposited: 30 Dec 2019 02:12
Last Modified: 30 Dec 2019 02:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36368

Actions (login required)

View Item View Item