Analisis hukum Islam terhadap penguatan Program Tribina (Bina Keluarga Balita, Remaja, Lansia) di Kecamatan Cerme Kabupaen Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawaddah, Rina (2019) Analisis hukum Islam terhadap penguatan Program Tribina (Bina Keluarga Balita, Remaja, Lansia) di Kecamatan Cerme Kabupaen Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rina Mawaddah_C01213076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan tentang “Analisis Hukum Islam Terhadap Penguatan Program Tribina (Bina Keluarga Balita, Remaja, Lansia) di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan. Pertama, Bagaimana Program Tribina (Bina Keluarga Balita, Remaja, Lansia) di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik . Kedua, Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Penguatan Program Tribina (Bina Keluarga Balita, Remaja, Lansia) di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasi karena data yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh dari pihak kader program Tribina dan para peserta Tribina di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik melalui proses dokumentasi dan Interview. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa; Pertama, pelaksanaan program Tribina di Kecamatan Cerme Gresik sudah sesuai dengan peraturan yang ada dalam peraturan setiap desa, namun ada beberapa hal yang menghambat pelaksanaan tribina, diantaranya yaitu program Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia. Kedua, dalam program Tribina; Bina Keluarga Balita, Bina Keluarga Remaja dan Bina Keluarga Lansia sudah sesuai dengan aturan dalam Hukum Islam. Karena mendapatkan pelatihan dalam merawat balita sangatlah dianjurkan dalam agama Islam supaya menjadikan anak-anak yang sholih dan sholihah sehingga menjadi remaja yang berilmu dan berpendidikan sesuai dengan apa yang dianjurkan dalam al-Qur’an. Selain balita dan remaja, keluarga juga harus memperhatikan orang tua yang sudah lanjut usia. Karena menurut Islam merawat orang tua adalah kewajiban bagi anak untuk berbakti kepada orang tua.Bedasarkan hasil penelitian diatas, penulis memberikan saran-saran sebagai berikut : 1) Kader Tribina hendaknya lebih kreatif dalam menyuguhkan materi kepada peserta sehingga tidak bosan dalam mengikuti kegiatan Tribina. 2) kepada PLKB dan Kader BKR, lebih meningkatkan lagi keterampilan dalam penyampaian materi, agar memudahkan anggota dalam menerima materi yang diberikan dan menarik pasangan usia subur yang lain untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan BKR.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawaddah, Rinarinamawaddah0904@gmail.comC01213076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuwahid, MuwahidUNSPECIFIED2010037801
Subjects: Keluarga > Keluarga Berencana
Keywords: Penguatan Program Tribina; Bina Keluarga Balita; Bina Remaja; Bina Lansia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mawaddah Rina
Date Deposited: 13 Jan 2020 02:23
Last Modified: 13 Jan 2020 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36365

Actions (login required)

View Item View Item