Pemahaman konsep Halal dan Halal Awareness dalam perilaku konsumen muslim BreadTalk di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Ailah, Maris Wahidatul (2019) Pemahaman konsep Halal dan Halal Awareness dalam perilaku konsumen muslim BreadTalk di Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maris Wahidatul 'Ailah_F02417127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gaya hidup halal (halal life style) memang sedang menjadi primadona baik di kalangan negara-negara muslim maupun non muslim. Salah satu industri dalam industri halal global yakni industri makanan halal (halal food). Berdasarkan data dari Global Islamic Economy Report 2018/2019 Indonesia menjadi negara tertinggi dalam mengkonsumsi makanan halal yakni sebesar US$170 Milyar, namun juga sebagai negara terbesar ke dua dalam mengimpor produk halal sebesar US$16 Milyar. Data LPPOM MUI menyebutkan bahwa sampai tahun 2018, tercatat baru 727.617 produk yang telah memiliki sertifikat halal. Belum maksimalnya ketersediaan produk Indonesia yang bersertifikat halal tidak terlepas dari perilaku konsumsi halal yang diterapkan oleh konsumen muslim di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: bagaimana pemahaman konsep halal konsumen muslim, bagaimana kesadaran halal konsumen muslim dan bagaimana perilaku konsumsi halal yang diterapkan oleh konsumen muslim. Data penelitian ini dihimpun dari literatur-literatur dan hasil wawancara secara langsung terhadap responden penelitian terkait yakni konsumen muslim BreadTalk di Surabaya, yang selanjutnya dianalisis dengan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya pemahaman konsumen muslim BreadTalk akan konsep halal sangat baik, dimana mereka memahami bahwa halal itu bukan hanya terletak pada zatnya saja tetapi juga termasuk cara memperoleh dan mengolah makanan tersebut. Untuk kesadaran halal yang mereka terapkan sudah baik namun belum konsisten, dimana mereka tanpa disadari tidak memperhatikan keberadaan label halal pada produk yang mereka konsumsi. Perilaku konsumsi halal yang mereka terapkan adalah mengkonsumsi apa saja yang mereka yakini halal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Ailah, Maris Wahidatulmaris.salamah@gmail.comF02417127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarUNSPECIFIED196506151991021001
Subjects: Konsumen
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: 'Ailah Maris Wahidatul
Date Deposited: 18 Dec 2019 06:47
Last Modified: 18 Dec 2019 06:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36347

Actions (login required)

View Item View Item