Algoritma Pemrograman Hisab Ijtimak Dan Posisi Bulan Menurut Kitab Thamarat Al-Fikar Dengan Aplikasi Microsoft Excel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arsyad, Muhammad Ibrahim (2019) Algoritma Pemrograman Hisab Ijtimak Dan Posisi Bulan Menurut Kitab Thamarat Al-Fikar Dengan Aplikasi Microsoft Excel. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ibrahim Arsyad_C08215014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menjawab pertanyaan yang tertuang dalam rumusan masalah, meliputi: Bagaimana algoritma hisab ijtimak dan Posisi Bulan Menurut kitab Thamarat al-Fikar, Bagaimana algoritma pemrograman dengan aplikasi Microsoft Excel atas metode hisab ijtimak dan posisi Bulan menurut kitab Thamarat al-Fikar, serta Bagaimana validitas hasil pemrograman hisab ijtimak dan posisi bulan menurut kitab Thamarat al-Fikar dengan aplikasi Microsoft Excel ?.Penulisan dalam penyusunan skripsi ini, menggunakan jenis Penulisan kualitatif dengan pendekatan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang Penulis gunakan adalah menggunakan metode dokumentasi (documentation). Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengumpulan beberapa informasi pengetahuan, fakta dan data. Dengan demikian maka dapat dikumpulkan data dengan kategorisasi dan klasifikasi bahan-bahan tertulis yang berhubungan dengan masalah Penulisan, baik dari sumber dokumen, laporan Penulisan, laporan tugas akhir, buku-buku, kitab-kitab, jurnal ilmiah, koran, majalah, website, dan lain-lain. Dari beberapa proses pengumpulan data tersebut analisis Penulisan dan pembuatan program ini terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu: 1) tahap pengumpulan data berupa metode perhitungan hisab ijtimak dan posisi bulan metode Thamarat al-Fikar dan konsep pemrograman Microsoft Excel, 2) Tahap pemrograman hisab ijtimak dan posisi bulan, 3) Tahap uji verifikasi program hisab ijtimak dan posisi bulan menurut kitab Thamarat al-Fikar Hasil Penulisan menyimpulkan, bahwa Algoritma pemrograman hisab ijtimak dan posisi bulan menurut kitab Thamarat al-Fikar dengan Aplikasi Microsoft Excel secara garis besar dilakukan dengan beberapa tahapan berikut: 1) Mengumpulkan data, 2) Perancangan program hisab ijtimak dan posisi bulan metode Thamarat al-Fikar, 3) Implementasi program hisab ijtimak dan posisi bulan metode Thamarat al-Fikar , 4) Coding program hisab ijtimak dan posisi bulan metode Thamarat al-Fikar. Dan Program hisab ijtimak dan posisi bulan metode Thamarat al-Fikar bisa dioperasikan pada komputer model apa saja, tidak ada spesifikasi tertentu agar program dapat dijalankan. Sedangkan Hasil uji verifikasi program hisab ijtimak dan posisi bulan menurut kitab Thamarat al-Fikar. dengan beberapa metode lain menghasilkan beberapa kesimpulan bahwa program hisab ijtimak dan posisi bulan ini adalah program yang akurat karena sudah menggunakan rumus yang akurat dan beberapa koreksi terkait dengan perhitungan hisab ijtimak dan posisi bulan.Setelah melakukan Penulisan tentang pemrograman hisab ijtimak dan posisi bulani metode Thamarat al-Fikar dengan aplikasi Microsoft Excel Penulis membuat saran yaitu: semakin berkembangnya teknologi yang semakin maju, ilmu falak semakin dituntut untuk dapat mengimbangi setiap perkembangan teknologi zaman yang akan datang. Dan diharapkan mampu menghasilkan program aplikasi yang demikian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arsyad, Muhammad Ibrahimibrahimarsyad71@gmail.comC08215014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl-Hamidy, Abu DzarrinUNSPECIFIED197306042000031005
Subjects: Hisab dan Rukyah
Keywords: Thamarat Al Fikar; Algoritma Pemrograman.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Falak
Depositing User: Arsyad M. Ibrahim
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:50
Last Modified: 06 Jan 2020 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36346

Actions (login required)

View Item View Item