Efektivitas penerapan model pembelajaran Accelerated Trainer dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chintiasari, Ella (2010) Efektivitas penerapan model pembelajaran Accelerated Trainer dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ella Chintiasari_D21206253.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang ingin diangkat dalam skripsi ini yaitu: l) Bagaimana penerapan model pembelajaran Accelerated Trainer pada mata pelajaran PAl di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik? 3) Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran Accelerated Trainer dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik? Untuk menjawab ke-tiga permasalahan di atas penulis menggunakan analisis data yaitu analisis data kuantitatif. Dalam hal ini data diperoleh melalui teknik observasi, tes, interview, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul peneliti menggunakan analisis teknik tabulasi, data yang dianalisis yang berhubungan dengan lembar pengamatan yang dilakukan oleh guru dan wituk menjawab pennasalahan kedua yaitu tentang motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peneliti menggunakan pretest dan pos test, yang kemudian dihitung dengan rata-rata dan setelah itu unruk menjawab berhasil tidaknya dengan membandingkan basil rata-rata dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Kemudian untuk mencari adakah efektivitas antara kedua variabel tersebut penulis menggunakan teknik uji t (T). Berdasarkan data-data yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Accelerated Trainer dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik, bisa dikatakan cukup hal ini bisa dilihat dari basil kemampuan guru dalam menerapkan model tersebut dengan skor rata-rata 4% yang berarti sangat baik, dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI terletak pada taraf lebih dari cukup hal ini dapat dilihat pada basil nilai rata-rata kelas yang menggunakan model tesebut dengan basil 77,23%, menyatakan lebih dari cukup, Sedangkan unruk menganalisa teknik uji t (T) data yang dianalisa adalah data tingkat efektivitas penerapan model pembeljaran Accelerated Trainer dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik. Dari perhitungan menggunakan runms tersebut dapat dikatakan berpengaruh dengan melihat hasil perhitungan dengan nilai perhitungan adalah sebesar 3,76, maka t hitung lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikansi 5 % (3,76>2,00).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chintiasari, Ella--D21206253
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMas'ud, Alilimas_kholqillah@yahoo.com196301231993031002
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Accelerated Trainer; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2019 08:05
Last Modified: 16 Dec 2019 08:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36336

Actions (login required)

View Item View Item