Sistem pendukung keputusan pemilihan makanan sehat untuk penderita Hipertensi menggunakan metode Elemination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochmatin, Siti Murni (2019) Sistem pendukung keputusan pemilihan makanan sehat untuk penderita Hipertensi menggunakan metode Elemination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Murni Rochmatin_H76215027.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tubuh yang sehat merupakan prestasi semua mahluk hidup dan terhindar dari segala jenis penyakit. Melindungi kesehatan tubuh dapat dilaksanakan dengan berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat. Kelebihan makan makanan yang tidak sehat dapat menumbuhkan penyakit atau gangguan pada tubuh. Salah satunya adalah Hipertensi (Darah Tinggi). Hipertensi yaitu peningkatan darah sistolik dari 140 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 90 mmHg pada dua kali pengukuran dengan selisih waktu lima menit dalam keadaan cukup istirahat. Hipertensi adalah salah satu penyakit yang memiliki prevalensi tinggi di Indonesia yaitu sebesar 25,8%. Perkara seorang penderita Hipertensi tidak lepas dari perubahan pola makan. Pola makan yang salah, ditambah dengan bahan makanan yang dikonsumsi secara tidak teratur dapat menyebabkan tekanan darah tidak baik. Pada penelitian ini, peneliti akan membuat sistem pendukung keputusan pemilihan makanan sehat untuk penderita hipertensi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Elemination Et Choix Traduisant La Realite (ELECTRE) agar bisa mengetahui makanan yang sehat untuk dikonsumsi penderita Hipertensi. Bedasarkan penelitian ini, dilakukan berbagai tahapan yaitu, pakar ahli gizi memberikan bahan makanan sehat , kemudian penderita Hipertensi memilih beberapa bahan makanan yang akan dikonsumsi. Selanjutnya, inputan bahan makanan tersebut dihitung dengan metode ELECTRE dan tahapan terakhirnya adalah menemukan bahan makanan yang direkomendasikan untuk penderita Hipertensi. Dari hasil percobaan penelitian tersebut, diperoleh data inputan bahan makanan yang dikonsumsi pengguna yang kemudian dihitung dengan metode ELECTRE untuk memperoleh hasil akhir, bahan makanan yang terbaik untuk penderita Hipertensi. Peneliti telah berhasil melakukan pengujian sistem terhadap enam orang calon user menggunakan pengujian Blackbox, ke enam user berhasil melakukan semua aksi yang ada pada form pengujian Blackbox.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochmatin, Siti Murnirmurnisiti@gmail.comH76215027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id198604272014031004
Thesis advisorYalina, Nitanitayalina@uinsby.ac.id198702082014032003
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Rochmatin Siti Murni
Date Deposited: 17 Dec 2019 04:50
Last Modified: 17 Dec 2019 04:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36323

Actions (login required)

View Item View Item