Higher Order Thinking Skills (HOTS) in teachers' selection of exercise books in SMAN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Belia, Shanaz Putri (2019) Higher Order Thinking Skills (HOTS) in teachers' selection of exercise books in SMAN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shanaz Putri Belia_D75215071.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para guru memasukkan komponen HOTS (Higher Order Thinking Skills) kedalam buku latihan yang dikembangkan oleh guru SMAN 2 Sidoarjo dan bagaimana level soal HOTS yang dibuat oleh para guru dalam buku latihan bahasa Inggris yang diharapkan mampu memenuhi kriteria tingkat HOTS (Higher Order Thinking Skills) di UKBM(Unit Kegiatan Belajar Mandiri). Sebagai hasilnya, peneliti melakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan mewawancarai 2 guru dari kelas 10 dan 11 di SMAN 2 Sidoarjo dan menganalisis buku latihan Bahasa Inggris dalam UKBM(Unit Kegiatan Belajar Mandiri) yang di rancang oleh para guru di SMAN 2 Sidoarjo. Peneliti melakukan analisa dokumen dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga cara berbeda yang digunakan oleh guru dalam memasukan HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam buku latihan bahasa Inggris dalam UKBM (Unit Kegiatan Belajar Mandiri) yang dirancang oleh guru yaitu menggunakan beberapa bahan secara visual seperti gambar dan video, memberikan masalah seperti masalah yang sedang terjadi saat ini dan memberikan siswa sebuah "Teks Tidak Lengkap". Para guru juga telah merancang buku latihan Bahasa Inggris di dalam UKBM(Unit Kegiatan Belajar Mandiri) yang mencakup semua tingkat taksonomi bloom dari tingkatan (C1-C6). Diantaranya adalah Remembering, Understanding, Applying, Analyzing, Evaluation, Creating. Dengan hal ini telah menunjukkan bahwa guru telah merancang buku latihan bahasa Inggris yang sudah terdiri dari Pertanyaan yang mengandung HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagaimana dinyatakan dalam pedoman UKBM(Unit Kegiatan Belajar Mandiri) yang dibuat oleh Kemendikbud. Namun tingkat umum taksonomi bloom yang ada dalam soal latihan Bahasa Inggris dalam UKBM(Unit Kegiatan Belajar Mandiri) ini berada di tingkat Mengingat dan Memahami (C1 dan C2). Itu terbukti dari 48 item pertanyaan, ada 34 pertanyaan di antaranya berada di level C1-C2 (Remembering dan Understanding).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Belia, Shanaz Putrishanazpb10@gmail.comD75215071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorSalik,M.Ag., MohamadUNSPECIFIED196712121994031002
Thesis advisorFitriah, Fitriahfitriahasad@yahoo.com197610042009122001
Subjects: Bahasa Inggris
Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Belia Shanaz Putri
Date Deposited: 17 Dec 2019 05:10
Last Modified: 17 Dec 2019 05:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36316

Actions (login required)

View Item View Item