Pengaruh penerapan model Pembelajaran Berfikir, Berpasangan, Berempat terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs YPM I Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farida, Lailatul (2010) Pengaruh penerapan model Pembelajaran Berfikir, Berpasangan, Berempat terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs YPM I Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Farida_D01206085.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya proses pembelajaran di sekolah-sekolah dengan sistem drill, pengajaran melalui hafalan yang verbalitas. Akibatnya proses pembelajaran cenderung monoton dan menjadikan siswa pasif tidak bersemangat dalam belajar, sering ditemukan di lapangan bahwa guru menguasai materi pembelajaran dengan baik tetapi tidak melaksanakan pemhlajaran dengan efektif. Maka dari itu perlu dicarikan pembelajaran yang sederhana, sistematik, dan pembelajaran yang lebih baik sehingga dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa, yaitu dengan melaksanakan pembelajaran berfikir, berpasangan, berempat yang pelaksanaannya siswa memikirkan secara individu selanjutnya berbagi dengan teman sebelahnya kemudian bertemu pada kelompok berempat untuk bertukar pendapat setelah itu salah satu dari kelompok mempresentasikan jawaban di depan kelompok lain. Cara ini merupakan upaya yang sangat baik untuk meningkatkan tanggung jawab individu dalam diskusi kelompok. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berfikir, berpasangan, berempat pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq 2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berfikir, berpasangan, berempat terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dimana analisisnya menggunakan statistik. Data diperoleh melalui beberapa tehnik di antaranya adalah observasi, tes, angket, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) bahwa penerapan model pembelajaran berfikir, berpasangan, berempat pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq adalah tergolong baik sekali dengan nilai 90%, 2) bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq adalah baik sekali dengan prosentase 8,03 sedangkan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran berfikir, berpasangan, berempat terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlaq dibuktikan dcngan hasil dari rwnus product moment yaitu 0,763 yang dikonsultasikan dengan interpretasi "r" tabel dan hasilnya adalah kuat dan tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan rumus product moment diperoleh "r" hitung lebih besar dari "r" tabel (0.763 > 0.325 dan 0.763 > 0.250). Dari hasil uji hipotesis di atas, maka ada pengaruh penerapan model berfikir, berpasangan, berempat terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MTs YPM 1 Wonoayu Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farida, Lailatul--D01206085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorZaini, Ahmad--197005121995031002
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Berfikir; Pembelajaran Berpasangan; Pembelajaran Berempat; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2019 08:22
Last Modified: 11 Dec 2019 08:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36288

Actions (login required)

View Item View Item