Pengaruh nikah terhadap prestasi studi mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI Angkatan 2006-2007 IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Luthfiyah (2010) Pengaruh nikah terhadap prestasi studi mahasiswa Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI Angkatan 2006-2007 IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luthfiyah Wulandari_D31206038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap kaum muslimin pasti mengetahui bahwa Islam mengajurkan kepada para pengikutnya untuk menikah. Alasanya, dengan menikah kita dapat menjaga pandangan, membentengi kehormatan, dan mengembangkan serta memperoleh keturunan. Orang sering menyebut pemikahan dan kehidupan rumah tangga sebagai kehidupan baru dalam dunia yang baru. Dunia yang bertolak belakang dari dtmia sebelumnya, untuk itu kedua calon mempelai, rnemerlukan persyaratan dan persiapan yang cukup seperti, kedewasaan fisik, mental, kesamaan pandagan hidup, agama serta berbagai aspek yang lain. Sebagai dunia baru, dalam hal ini Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya yang telah menikah dan masih melanjutkan kuliah, kondisinya tentu •lain bila dibandingkan dengan Rurnah Tangga yang dibangun oleh mereka yang sudah tidak memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang komplek terhadap studi. Dengan demikian kondisi Mahasiswa yang sudah menikah, baik itu kondisi ekonomi, kebehagiaan, maupun belajamya. Kondisi seperti itu memungkinkan berpengaruh terhadap kelangsungan studi, yang sebagai rangkaiaanya juga berpengaruh terhadap prestasi belajar, namun pendapat ini belum tentu benar, mengigat belurn diketahui secara jelas bagaimana kondisi Mahasiswa yang sudah menikah, kerena mereka tentunya harus bisa membagi waktu yakni sebagian untuk belajar atau kuliah clan sebagian untuk mengurusi rumah tangga. Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kuliah sambil nikah terhadap prestasi belajat Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Arnpel Surabay, oleh karena itu penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun populasinya Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel SurabayaJurusan PAI tahun akademik 2006- 2007 dengan mengunakan rumus Product Moment. Adapun hasil yang diperoleh setelah enganalisa dan menggunakan uji statistik, maka diperoleh bahwa r:ry = 0,64 dengan jumlah sampel (N) =30 setelah itu memeriksa r tabel ternyata pada taraf signifikan 5% diperoleh r tabel adalah 0,349 dan taraf signifikan 1% diperoleh r tabel 0,449 sedangkan r hitung adalah 0,64 dengan demikian r hitung lebih besar pada r tabel product moment. Hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh kuliah sambil nikah terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Luthfiyah--D31206038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorMasyhud, Masyud--194512151977031001
Subjects: Nikah
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Nikah; prestasi mahasiswa; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2019 08:09
Last Modified: 11 Dec 2019 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36287

Actions (login required)

View Item View Item