Pengaruh penerapan metode pembelajaran Ibrah-Mauidhah dalam mata pelajaran PAI terhadap akhlak siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laili, Lilik Noer (2010) Pengaruh penerapan metode pembelajaran Ibrah-Mauidhah dalam mata pelajaran PAI terhadap akhlak siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Noer Laili_D31206005.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan pendidikan Islam adalah pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan orang-orang yang bermoral laki-laki maupun wanita. Sehingga untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka dalam proses pembelajaran seorang guru PAI dapat menggunakan metode pembelajaran lbrah-Mauidhah dalam penyampaian materinya. Metode pembelajaran Ibrah-Mauidhah adalah metode yang dapat mempengaruhi perasaan peserta didiknya. sehingga dapat menimbulkan perbuatan (akhlak yang mulia). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA N 3 Sidoarjo. Sedangkan yang menjadi sampel adalah 15% dari siswa kelas X yang berjumlah 292, sehingga sampelnya ada 44 siswa kelas X. Penelitian ini dilakukan di SMA N 3 Sidoarjo yang terletak di JI. DR Wahidin No. 130 Sidoarjo. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode Ibrah Mauidhah dalam mata pelaja.ran PAI di SMA N 3 Sidoarjo. (2) Bagaimana akhlak siswa kelas X di SMA N 3 Sidoarjo. (3) Bagaimana pengaruh metode pembelajaran Ibrah Mauidhah dalam mata pelajaran PAI terhadap akhlak siswa kelas X di SMA N 3 Sidoarjo. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran Ibrah Mauidhah dalam mata pelajaran PAI di SMA N 3 Sidoarjo berlangsung dengan baik hal itu dibuktikan dengan hasil persentase pada metode pembelajaran lbrah Mauidhah sebesar 93,99%. Sedangkan Akhlak siswa kelas X juga dikatakan baik dengan dibuktikan adanya analisa persentase sebesar 95A5%. Terdapat pengaruh metode pembelajaran Ibrah-Mauidhah terhadap ahlak siswa kelas X.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laili, Lilik Noer--D31206005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com2010045302
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Ibrah-Mauidhah; PAI; akhlak siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2019 04:47
Last Modified: 11 Dec 2019 04:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36284

Actions (login required)

View Item View Item