Aktifitas Jamaah Masjid Agung Ponorogo pada masyarakat di sekitarnya pada Tahun 1974-1984

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masfa, Elok (2010) Aktifitas Jamaah Masjid Agung Ponorogo pada masyarakat di sekitarnya pada Tahun 1974-1984. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Elok Masfa_A02206003.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi berjudul Aktifitas Jama'ah Masjid Agung Ponorogo Pada Masyarakat Di Sekitarnya Pada Tahun 1974-1984, mempuyai tiga fokus penelitian, yaitu: bagaimana manajemen dan struktur organisasi masjid di Masjid Agung Ponorogo, bagaimana aktifitas sosial keagamaan yang diselenggarakan oleh Masjid Agung Ponorogo, dan bagaimana pengaruh Masjid Agung Ponorogo terhadap masyarakat di sekitarnya. Manajemen dan struktur organisasi masjid merupakan sistem pengelolaan yang digunakan oleh pengurus Masjid Agung Ponorogo. Dengan adanya manajemen masjid, maka untuk mengoptimalkan pelaksanaan program kerja suatu kepengurusan masjid dalam hal ini harus dikembangkan struktur kepengurusan masjid. Sedangkan struktur organisasi masjid merupakan susunan unit-unit kerja yang menunjukkan hubungan antar unit, dalam hal ini adanya pembagian kerja, adanya wewenang, serta adanya laporan. Sedangkan aktifitas sosial keagamaan di Masjid Agung Ponorogo membawa dampak yang positif terhadap masyarakat di sekitar masjid yaitu dapat meningkatkan kesadaran beragama dan kesadaran sosial yang harmonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan struktur dan fungsi menurut Emile Durkheim untuk mernperlihatkan bagaimana konsensus sosial baru dapat menciptakan kembali nilai-nilai komunitas dan tatanan sosial. Oleh karena itu digunakan metode penelitian sejarah karya Helius Sjamsuddin, yakni: heuristik, kritik sumber, lnterpretasi, dan historiografi. Dari penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwasanya aktifitas masjid dapat mengembangkan kesejahteraan masjid itu sendiri dalam segala aktifitasnya Dengan demikian memberikan pengaruh yang positif terhadap masyarakat di sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masfa, Elok--A02206003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Nur--196003071990031001
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Aktifitas Jamaah; Masjid Agung Ponorogo
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Dec 2019 08:38
Last Modified: 10 Dec 2019 08:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/36281

Actions (login required)

View Item View Item